Hery Supriyanto
Hery Supriyanto Warganet

Liberté, égalité, fraternité ││Sapere aude ││ Iqro' bismirobbikalladzi kholaq ││www.herysupri.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Wuling Confero, Hadirkan Kendaraan MPV Idaman Sesungguhnya

9 Januari 2018   09:04 Diperbarui: 23 Februari 2018   16:12 3962 2 2
Wuling Confero, Hadirkan Kendaraan MPV Idaman Sesungguhnya
Wuling Confero yang dipajang di show room dealer Malang. Dokumentasi prbadi

Kebersamaan bareng keluarga tentu idaman setiap orang, demikian pula dengan kebersamaan bareng rekan dan relasi. Salah satu wujud itu semua dapat berupa berkendara bersama. Maka tidak heran bila mobil tipe MPV (Multi Purpose Vehicle) yang terjemahan bebasnya kendaraan multi fungsi ini banyak diincar dan digunakan saat ini. Sebagai pendatang baru, Wuling mewujudkan keinginan itu.

Wuling datang ke Indonesia langsung fokus pada mobil tipe MPV ini. Keluaran Wuling ini dinamakan Confero, Confero S 1.5 C, dan ConferoS 1.5 L. Nama Confero sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya 'untuk menyatukan' ('to bring together'). Sedangkan 'S' setelah kata Confero merupakan singkatan dari 'Sporty'. Ada lima varian warna Wuling Confero yang dapat dipilih : Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black, dan Dazzling Silver.

Wuling dealer Malang. Dokumentasi pribadi
Wuling dealer Malang. Dokumentasi pribadi

Saya berkesempatan melihat dan menerima penjelasan tentang Wuling Canfero ini ketika berkunjung ke dealer resmi Wuling cabang Malang yang berada di Jalan Letjend Sutoyo No. 6. Dealer-nya cukup luas, yang memang sebelumnya merupakan bekas dealer mobil dari Asia Timur. Dealer  Wuling Malang ini melengkapi -sampai tahun 2017- 52 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani keluarga Indonesia.

Saya disambut ramah dengan sales counter dan kepala cabangnya, Herman Didik Saputra. Segala penjelasan mengenai produk Wuling dan dealer di Malang ini disampaikan langsung oleh kepala cabangnya. Tampak saat itu ada tiga mobil Wuling Confero yang berada pada show room, dan di halaman depan terdapat mobil Wuling yang dipakai untuk test drive.

Untuk menunjukkan kenyamanan Confero. Pada Wuling dealer Malang, tersedia kendaraan untuk test drive. Dokumentasi pribadi
Untuk menunjukkan kenyamanan Confero. Pada Wuling dealer Malang, tersedia kendaraan untuk test drive. Dokumentasi pribadi

Menurut Herman, Wuling Confero ini sangat unggul di kelasnya, terutama pada interior dan fasilitasnya. Masalah kenyamanan seperti suspensi yang empuk, tarikan gigi, serta keandalan mesin tidak perlu diragukan. Untuk masalah harga, Confero dengan fasilitas berlebih, dibandrol dengan harga yang paling terjangkau. Maka Herman pun menyatakan optimis bahwa Confero ini akan memperoleh sambutan hangat dari masyarakat.

Interior lega dan fasilitas nyaman

Sebagai mobil keluarga, kelegaan di dalamnya adalah yang dicari. Saya pun ditunjukkan pada bagian dalamnya. Dan memang benar Confero ini di dalamnya tampak lega terutama tempat duduk pada barisan ketiga. Untuk dimensi lebar seperti yang tertera pada spesifikasi semua tipe, 1691 mm. Sedangkan panjang Confero 4493 mm, untuk tipe Confero S 4530 mm. Kelegaan dapat dirasakan pada baris ketiga itu, bisa diisi oleh tiga orang dewasa (postur normal) dengan posisi nyaman. Jika dibanding dengan mobil lain yang sejenis, kelegaan tiga orang dewasa kurang maksimal kecuali salah satunya adalah anak-anak.

Kelegaan tempat duduk yang nyaman sampai baris belakang. Sumber brosur Wuling Confero. Dokumentasi pribadi
Kelegaan tempat duduk yang nyaman sampai baris belakang. Sumber brosur Wuling Confero. Dokumentasi pribadi

Untuk kapasitas tempat duduk bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan yang terbagi 7 penumpang (with captain seat) dan 8 penumpang. Demi keselamatan penumpang, semua kursi (demikian baris ketiga) dilengkapi sabuk pengaman. Dan pada bagian kursi paling depan dilengkapi indikator untuk menggunakan sabuk pengaman. Pada Confero S tipe C dan L dilengkapi pula dual front SRS air bagsebagai perlindungan dan memperkecil risiko cidera. Untuk bagian belakang dapat difungsikan sebagai bagasi yang tampak lega dan lapang.

Bagasi dengan ruang yang lapang. Sumber brosur Wuling Confero. Dokumentasi pribadi
Bagasi dengan ruang yang lapang. Sumber brosur Wuling Confero. Dokumentasi pribadi

Sedangkan fasilitas di dalamnya pun lengkap dengan keberadaan audio visual. Pada tipe C dan L fasilitas lebih lengkap lagi dengan dashboard with entertainment system. Berupa sistem audio video yang dilengkapi layar touch screen 8" yang kompatibel dengan USB dan Bluetooth, yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Dan menariknya lagi pada Confero ini pada bagian baris ketiga dilengkapi catu listrik USB. Untuk tipe C dan L ditambah catu listrik USB pada baris kedua.

Interior yang lapang dengan dashboard with entertainment system. Dokumentasi pribadi
Interior yang lapang dengan dashboard with entertainment system. Dokumentasi pribadi

Fasilitas garansi juga diberikan untuk Wuling seri Confero ini: umum selama 3 tahun atau 100.000 km, komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 km, dan suku cadang selama 1 tahun. Dengan segala kenyamanan dan kelegaan ini maka Confero yang mengusung "The Real Spacious Family MPV" bukankah sebuah basa-basi belaka. Yang menjadikannya Confero sebagai kendaraan MPV idaman dan sebenarnya.

Mendirikan pabrik di dalam negeri

Memang tidak dipungkiri bahwa Wuling ini adalah merek dari Tiongkok. Dan khusus Wuling sendiri berusaha menepis presepsi negatif  bahwa yang berbau Tiongkok tidak ada yang berkualitas. Herman menjelaskan presepsi produk Tiongkok pada era terdahulu memang kurang tertata rapi. Pada waktu itu beberapa merek Tiongkok sekadar mendatangkan produk utuh dari negeri asalnya, yang kemudian diedarkan ke beberapa dealer.

Berbeda dengan Wuling, yang skemanya sama dengan pabrikan kendaraan bermotor lainnya. Dengan investasi 10 trilyun lebih, membangun pabrik Wuling di kawasan Cikarang, Jawa Barat seluas 60 Ha. Pabrik ini beralamat di PT SGMW MOTOR INDONESIA, Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, Jl. Tol Jakarta-Cikampek KM 37, KodePos: 17530 tersebut dipergunakan sebagai perakitan kendaraan dan memproduksi komponen dan suku cadang. Karena diproduksi di dalam negeri maka tidak perlu dikhawatirkan keberadaan unit dan ketersediaan suku cadang (spare parts).

Wuling Confero Tipe C dengan eksterior yang elegan. Dokumentasi pribadi
Wuling Confero Tipe C dengan eksterior yang elegan. Dokumentasi pribadi

Untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi. Merek memang dari Tiongkok namun untuk komposisi saham PT SGMW MOTOR INDONESIA terdapat 44 persen General Motor China  yang sudah berpengalaman di dunia otomotif. Inilah langkahWuling yang tidak main-main dalam memproduksi kendaraan dengan berkualitas dan harga bersaing. Seakan tidak ingin mengecewakan calon dan pelanggannya,  tagline Wuling " Drive for a Better Life" akan benar teraplikasikan.

Respon positif di Malang

Ketika saya tanyakan bagaimana respon masyarakat Malang  terhadap Wuling, Herman menjelaskan bahwa responnya cukup positif. Ia menyatakan bahwa penjualan setiap bulannya rata-rata 30 unit. Padahal dealer di Malang ini baru dibuka pada bulan Agustus tahun 2017, yang satu bulan sebelumnya (Juli) mulai beroperasi. Herman menyatakan dalam prospek selanjutnya, cukup optimis akan meraih simpati dari masyarakat. Ia juga menyatakan untuk penjualan Wuling secara nasional (data yang dikeluarkan Gaikindo pada November 2017) berada pada urutan ke-11 dari 30 merek yang ada.

Ruang penyimpanan unit yang luas dan tempat service. Dokumentasi pribadi
Ruang penyimpanan unit yang luas dan tempat service. Dokumentasi pribadi

Kesiapan dealer Malang cukup matang. Ketersediaan unit akan dapat teratasi begitu pula dengan suku cadangnya. Di belakang showroom-nya terdapat bengkel yang digunakan untuk service dan ruang penyimpanan unit Confero. Aktifitas bengkel saat ini memang tidak begitu banyak kegiatan, mengingat usia dealermasih ukuran bulan. Untuk kedepannya, Herman selaku kepala cabang akan mengantisipasi segala pelayanannya, yang diprediksi akan ramai. Ia berencana akan menata ruangan yang ada untuk kenyamanan pengunjung jika akan melakukan service kendaraannya.

Wuling Confero dengan segala keunggulan yang ada pada tipe MPV: fasilitas lengkap, kenyamanan, kelegaan, serta harga yang kompetitif. Inilah seperti yang diinginkan masyarakat. Di dunia smartphone sudah membuktikannya yang lebih mementingkan fitur, kualitas, serta harga. Dan sepertinya pertimbangan ini akan beralih ke dunia otomotif terutama kendaraan keluarga (MPV). Wuling Motors sudah mempersiapkan semua ini. Mulai pembukaan pabrik untuk ketersedian unit dan suku cadang, penjualan, serta service-nya.

Bersama kepala cabang, Heman Didik Saputra, yang berkenan menjelaskan produk Wuling Confero beserta kondisi dealer yang dipimpinnya. Dokumentasi pribadi
Bersama kepala cabang, Heman Didik Saputra, yang berkenan menjelaskan produk Wuling Confero beserta kondisi dealer yang dipimpinnya. Dokumentasi pribadi