Mohon tunggu...
Hervina Putri
Hervina Putri Mohon Tunggu... 191910501073

Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember 2019

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Membangun Daerah dengan Pajak Hotel dan Restoran

13 April 2020   19:03 Diperbarui: 13 April 2020   19:11 43 0 0 Mohon Tunggu...

Pendapatan pajak daerah memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan. Oleh karena itu pajak daerah harus dikelola dengan dan transparan untuk meningkatkan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli daerah (PAD).

Sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah yang memiliki peluang baik, maka pemungutan pajak daerah ini harus dilakukan secara teratur untuk meningkatkan pembangunan daerah. Ini dimaksudkan agar penerimaan pendapatan dari pungutan pajak dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Dari sekian banyak jenis pajak daerah, yang sangat menarik adalah pajak hotel dan pajak restoran.

Kabupaten Jember adalah salah satu kabupaten besar yang berada di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah hotel dan restoran yang cukup banyak. Akan tetapi sejauh ini belum memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Menurut data dari Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember, pada tahun 2015 jumlah Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember mencapai kurang lebih 463 milyar. Dari Jumlah tersebut kurang lebih 133 milyar berasal dari sektor penerimaan pajak daerah.

Dan dari jumlah 133 milyar tersebut hanya sekitar 8,7 milyar yang diperoleh dari sektor pajak hotel dan pajak restoran atau hanya sekitar 1,87 % dari total penerimaan pajak. Jumlah ini tentunya masih sangat minim jika dibandingkan dengan potensi yang bisa digali dari sektor pajak hotel dan pajak restoran.

Kabupaten Jember juga merupakan salah satu kabupaten yang padat penduduk dan menjadi salah satu tujuan wisata, belanja, dan pendidikan di Jawa Timur dengan tingkat hunian hotel dan pengunjung restoran yang juga cukup tinggi.

Melihat potensi yang cukup besar tersebut, peluang Pemerintah Kabupaten Jember untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak hotel dan restoran juga memiliki peluang yang besar.

Sayangnya, sampai saat ini strategi atau upaya-upaya dalam peningkatan penerimaan daerah khususnya dari sektor pajak hotel dan restoran belum dilakukan dengan baik dan maksimal. Padahal jika pajak hotel dan pajak restoran ini bisa digali lebih dalam dan dikelola secara lebih baik, tentunya potensi penerimaan pajak dari sektor ini bisa memberikan kontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Daerah.

Dalam kaitan ini Pemerintah Kabupaten Jember tentunya dituntut untuk selalu meningkatkan sarana, prasarana dan pelayanan yang semakin baik dalam bidang kepariwisataan, pendidikan, dan kegiatan ekonomi lainnya.

Sebagai salah satu Kabupaten yang menawarkan fasilitas wisata dan belanja, Kabupaten Jember memerlukan peningkatan dan pengembangan hotel, restoran serta sarana dan prasarana lainnya sebagai penunjang.

Kontribusi penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember dari sektor pajak hotel dan pajak restoran diharapkan akan terus mengalami peningkatan dan mampu berkontribusi lebih besar dalam membiayai pembangunan daerah, mengingat peranan dari sektor pajak ini sangat berpengaruh bagi pembangunan daerah. Di samping itu peningkatan PAD yang positif dan terus-menerus akan mengurangi ketergantungan daerah terhadap bantuan/subsidi dari pemerintah pusat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN