Mohon tunggu...
Heru Wahyudi
Heru Wahyudi Mohon Tunggu... Dosen - Lecture

Musafir ~ Vlogger

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Perlukah Hak Angket Pemilu 2024 Jelang Hitungan Bulan Pelantikan Presiden

23 Februari 2024   22:02 Diperbarui: 23 Februari 2024   22:17 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Hak Angket di Parlemen, Foto : asset.kgnewsroom.com)

Apakah hak angket perlu? Mengingat betapa pentingnya pemilu dan pelantikan presiden bagi negara dan rakyat Indonesia, pertanyaan ini sangat penting. Dalam pemilu, kita memilih orang yang akan memimpin negara untuk beberapa tahun ke depan. Beberapa pihak, bagaimanapun, mengusulkan hak angket sebagai alat untuk memastikan transparansi dan integritas pemilu.

Di sisi lain, ada yang berpendapat bahwa hak angket mungkin hanya akan menjadi alat politik yang dapat digunakan untuk mengganggu pemilu. Selain itu, hak angket membutuhkan banyak waktu dan sumber daya, yang dapat mengganggu proses pemerintahan dan kemajuan nasional. Apakah hak angket memang diperlukan?

Hak Angket


DPR memiliki hak angket untuk menyelidiki masalah yang dianggap penting dan memerlukan pengawasan lebih lanjut. Hak angket membentuk panitia khusus yang terdiri dari anggota parlemen untuk memeriksa masalah yang menjadi perhatian. Memanggil saksi, mengumpulkan bukti, dan membuat rekomendasi adalah semua wewenang panitia khusus.

Sebagai contoh, pada tahun 2009, DPR membentuk panitia khusus untuk menyelidiki dugaan korupsi dalam penyelesaian kasus Bank Century. Dalam penyelidikannya, panitia tersebut menemukan fakta-fakta baru yang kemudian menjadi dasar untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang cara memperbaiki sistem perbankan.

Hak angket menjadi alat penting bagi lembaga legislatif untuk mengawasi kinerja pemerintah. Hak angket dapat menjadi alat yang berguna untuk memastikan bahwa pemilu dan pelantikan presiden berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak ada penyimpangan, terutama mengingat tinggal 10 bulan lagi jelang pelantikan presiden.

Usulan Hak Angket Pemilu 2024

Usulan untuk menggunakan hak angket muncul sebagai respons terhadap kebutuhan akan pengawasan yang lebih ketat terhadap proses pemilu dan pelantikan presiden di tahun 2024. Dalam menghadapi situasi yang semakin kompleks dan dinamis, hak angket dianggap sebagai strategi yang tepat untuk menjamin transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam semua tahapan pemilu.

Ada banyak alasan kuat yang mendukung hak angket dalam pemilu 2024. Pertama, hak angket memungkinkan lembaga legislatif untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap proses pemilu, yang memungkinkan deteksi dan penanganan yang efektif dari pelanggaran hukum atau kecurangan.

Kedua, hak angket akan membuat proses pemilu lebih transparan dan terbuka, yang dapat meningkatkan kredibilitas hasil pemilu dan legitimasi pemerintahan yang terpilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun