Mohon tunggu...
Rahmat HerryPrasetyo
Rahmat HerryPrasetyo Mohon Tunggu... Writer

Penulis Buku Praktis dan Lengkap Mengasah IQ Anak Jilid 1, 2, dan 3 terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Ini 3 Cara Mudah Terbitkan Buku secara Gratis

31 Oktober 2020   11:20 Diperbarui: 31 Oktober 2020   15:25 354 45 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 3 Cara Mudah Terbitkan Buku secara Gratis
Ilustrasi buku| Sumber: Thinkstock/Encrier via Kompas.com

Beberapa hari lalu, seorang teman di media sosial (medsos) bertanya kepada saya, cara menerbitkan buku di penerbit mayor. Maksud teman saya ini tentu saja adalah bagaimana cara mengirimkan naskah di penerbit besar dan berapa biayanya. Kebetulan teman di dunia maya yang sudah lama saya kenal ini adalah seorang guru dan gemar menulis.

Sudah banyak artikel yang dibuatnya dan diunggah di blog pribadi atau blog komunitas guru. Ia ingin sekali mengumpulkan banyak tulisannya tersebut menjadi sebuah buku dan diterbitkan oleh penerbit besar atau penerbit berskala nasional.

Menjawab pertanyaan teman tersebut, saya singkat saja mengatakan, "Kirimkan saja langsung ke penerbitnya dan biayanya gratis!" Saya lalu memberikan tautan alamat website sebuah penerbit, yang bisa diklik, kemudian dapat dibaca cara-cara mengirimkan naskah.

Hal yang perlu saya garis bawahi adalah kata 'gratis'. Teman saya bertanya tentang biaya menerbitkan buku jika naskah dikirimkan ke penerbit. Bagi saya, ini sebuah sinyal bahwa masih ada beberapa orang yang belum memahami kalau menerbitkan buku itu bisa gratis. Bagaimana caranya?

1. Kirimkan naskah ke penerbit, besar maupun kecil

Seperti sudah saya singgung di atas, langkah mudah pertama untuk menerbitkan buku adalah kirimkan naskah ke penerbit. Tidak harus penerbit mayor atau penerbit besar. Penerbit kecil pun tidak akan memungut biaya jika Anda mengirimkan naskah dan mampu melalui proses seleksi.

Jika naskah Anda dinilai layak terbit maka berbahagialah karena impian Anda untuk punya buku karya Anda sendiri dapat terwujud. Catatan pentingnya adalah lolos seleksi. Usahakan naskah Anda lolos review maka penerbit akan menghubungi Anda, memberitahukan kabar baik, bahwa naskah Anda segera diproses untuk diterbitkan.

Semua proses tersebut gratis. Anda tidak dipungut biaya, bahkan mendapatkan royalti dari hasil kreativitas Anda. Sabarlah menunggu pengumuman hasil seleksi karena penerbit membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menilai karya Anda. 

Dalam proses menunggu tersebut, Anda bisa sambil menulis naskah baru. Itu yang selama ini saya lakukan. Memanfaatkan waktu menunggu untuk mencipta naskah baru.

2. Ikut pelatihan menulis yang dilengkapi fasilitas menerbitkan buku gratis

Poin 2 ini sebenarnya tidak pernah saya ikuti. Teman sayalah yang mengikutinya. Jadi, saya dapat menuliskannya untuk Anda di sini. Teman saya mengikuti pelatihan menulis di masa pandemi Covid-19 ini secara daring (online). Dibagi dalam 20 sesi dan di akhir pelatihan, semua peserta bisa menerbitkan buku secara gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x