Mohon tunggu...
Herry Fransiska Yosephine
Herry Fransiska Yosephine Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sedang Belajar Menulis..

Selanjutnya

Tutup

Finansial

"Kartu Prakerja" Resmi Dibuka, Berikut Syarat dan Cara Mendaftarnya

15 April 2020   20:43 Diperbarui: 20 April 2020   13:06 153 5 2 Mohon Tunggu...

Pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka mulai awal April hingga 16 April untuk gelombang pertama. Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang sudah dikampanyekan Jokowi pada tahun 2019 silam. Sudah direalisasikan dan diresmikan pada akhir Februari lalu.

Dilansir dari situs web resmi prakerja, Kartu Prakerja merupakan program baru dari pemerintah yang digunakan untuk mengembangkan kopetensi berupa bantuan biaya dan pelatiah. 

Pada awalnya program ini ditujukan untuk para pencari kerja yang memiliki usia 18 tahun ke atas, di tidak sedang menempuh pendidikan baik SMA maupun kuliah. 

Namun, setelah adanya pandemi COVID-19 ini maka, Kartu Prakerja juga ditujukan untuk masyarakat yang terkena dampak dari pandemi tersebut seperti karyawan korban PHK, dan pengusaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pemasukan.

Kartu Prakerja dibuat dengan tujuan untuk memberi pelatihan  pada masyarakat agar dapat mengasah, mencari tahu, dan menambah kemampuan yang dimiliki agar dapat menjadi sebuah bentuk usaha yang menghasilkan keuntungan. 

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa pendaftaran kartu Prakerja pada gelombang pertama ini hanya dibuka untuk 164.000 orang saja. Para peserta yang sudah mendaftar kemudian akan memasuki tahan selksi tes kemapuan dasar dan motivasi diri.

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Dikutip dari web resmi prakerja, adapun syarat yang diperlukan untuk dapat mendaftar Kartu Prakerja, seperti:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. usia 18 tahun ke atas 
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan
  4. Boleh buruh, karyawan, dan pegawai
  5. Diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda

Dan adapun cara Daftar yang dapat dilihat langsung di halaman web resmi prakerja di www.prakerja.go.id, seperi:

1. Daftarkan diri, sebelumnya pastikan jika kamu adalah WNI, memiliki usia minimal 18 tahun, dan tidka sedang menempuh pendidikan formal. Setelah mendaftar, maka data yang kamu berikan akan diverifikasi.

2. Tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi yang dimiliki (penggunaan alat tulis untuk corat-coret diperbolehkan untuk menyelesaikan soal).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN