Mohon tunggu...
Hernawan Luthfi Fadillah
Hernawan Luthfi Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anak ke 3 dari ke 3 bersaudara

Don't be the first but be the best to youself

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mendukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, J&T Terus Berbenah

25 Desember 2019   00:05 Diperbarui: 25 Desember 2019   00:03 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Revolusi industri 4.0 di Indonesia mulai bergejolak di tahun 2018. Pada revolusi industri 4.0 ini yang menguasai adalah teknologi informasi. Hal ini menyebabkan beberapa sektor mengalami perubahan sistem menjadi sistem digital.

Perubahan sistem ini menyebabkan perubahan arah pergerakan industri dan bisnis di Indonesia sendiri sehingga muncul sektor baru dalam bisnis yaitu e-commerce.

Saat ini e-commerce menjadi peran penting dalam perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Dengan hadirnya E-commerce menjadi peluang dan tantangan bagi industri logistik sendiri.

Para pelaku industri logistik harus cepat beradaptasi untuk menghadapi tantangan masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin melek terhadap digital. Pelayanan yang baik dan tingkat efisiensi waktu menjadi modal utama bagi pelaku industri logistik untuk memikat hati para konsumen.

Pemanfaatan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) berguna agar otomatisasi layanan bisa diselenggarakan demi memenuhi kebutuhan konsumen, baik untuk konsumen business to business (B2B) maupun business to customer (B2C). Pemanfaatan teknologi ini berguna juga dalam pengelolaan data dan pengiriman barang secara realtime dan tentunya akurat.

Industri logistik dalam sistem digital berfokus utama terhadap saling berintegrasi antara produsen, suplier, distributor dan komsumen itu sendiri. Dengan begitu masyarakat yang tinggal di pedesaan dan para pelaku UMKM mendapatkan layanan yang terbaik. 

J&T selaku pelaku industri logistik ikut berperan dalam membantu perkembangan revousi industri 4.0 di Indonesia yang diperkirakan di tahun 2030, Ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan signifikan akibat dari revolusi industri 4.0. Walaupun J&T dibilang masih cukup baru dalam sektor logistik tetapi J&T selalu berkomitmen untuk lebih baik dan terbukti dalam beberapa tahun J&T mampu memikat hati konsumen di Indonesia.

Berikut beberapa keunggulan J&T untuk medukung perkembangan revolusi industri 4.0 di Indonesia.

1. Dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia

Untuk menghadapi revolusi industri 4.o di Indonesia perlu mencakup seluruh wilayah di Indonesia karena saat ini pemerataan infrastruktur dan layanan di seluruh wilayah Indonesia sedang digencar oleh Pemerintah. Dengan sistem satu outlet untuk menjangkau satu kecamatan, J&T mampu menjangkau seluruh wilayah di Indoneia dengan layanan ekstra tetapi dengan harga yang logis. 

Dengan begitu J&T membantu Pemerintah dalam pendistribusian logistik yang dibutuhkan masyarakat seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini menjadi nilai tambah bagi J&T yang mampu melayani pendistribusian logistik di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun