Mohon tunggu...
Herma Yulia
Herma Yulia Mohon Tunggu... Guru - SMPN 1 OKU

Guru yang suka mengembangkan kompetensi dan mengikuti kodrat zaman anak-anak didik saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diseminasi Budaya Positif Sebagai Implementasi Aksi Nyata Modul 1.4

2 Februari 2023   03:56 Diperbarui: 2 Februari 2023   04:01 1851
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
koleksi pribadi_canva

Sebagai penutup modul 1 pada pendidikan guru penggerak, kami diminta untuk melakukan aksi nyata berupa penyebaran pemahaman mengenai budaya positif melalui seminar dalam suatu komunitas pendidik. 

Sesuai dengan rancangan aksi nyata yang telah saya susun sebelumnya, saya menyusun rencana aksi nyata yang saya tuangkan dalam format rancangan aksi nyata, seperti yang pernah saya publikasikan di channel youtube saya :

Rancangan Tindakan Untuk Aksi Nyata Modul 1.4

Pelaksanaan aksi nyata diawali pada awal semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pembuka kelas awal masuk, saya mengawali dengan mengajak siswa-siswi saya untuk bersama-sama membuat dan memperbaharui keyakinan kelas dikelas mata pelajaran yang saya ampu. 

Bersama siswa kami menyepakati beberapa point yang akan kami laksanakan selama pembelajaran semester genap ini. Siswa saya pun merasa antusias sekali dengan kebutuhan-kebutuhan dasar mereka akan pemenuhan kebutuhan pendidikan dan capaian yang akan mereka raih. Kita bersama-sama berkomitmen untuk taat dan manjalankan keyakinan kelas dengan baik.

koleksi pribadi_canva
koleksi pribadi_canva

Selanjutnya pembiasaan disiplin positif yang memang telah dijalankan disekolah saya, tetap dilaksanakan secara konsisten, seperti pembiasaan bersalaman ketika awal datang sekolah, pembiasaan kerohanian guna meningkatkan keimanan dan pembiasaan-pembiasaan lainnya yang perlu ditingkatkan. 

Untuk lebih menyebarkan pemahaman positif yang tersebar kesemua warga sekolah, saya mencoba merancang aksi nyata sebagai salah satu tugas saya di pendidikan guru penggerak. Berdasarkan rencana aksi nyata yang telah tersusun, saya mengajak guru-guru untuk mengikuti kegiatan desiminasi yang saya lakukan. Materi yang saya sampaikann merupakan materi yang telah saya pelajari di modul 1.4 mengenai budaya positif, antara lain disiplin positif dan nilai-nilai universal, hukuman, konsekuensi dan restitusi, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas, restitusi-5 posisi kontrol serta restitusi-segitiga restitusi.

Aksi nyata ini berjalan dengan baik dan pelaksanaan kegiatannya telah saya unggah di chanel youtube saya,

Diseminasi Budaya Positif di SMPN 1 OKU || Aksi Nyata Modul 1.4

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun