Mohon tunggu...
hermansyah spd
hermansyah spd Mohon Tunggu... Guru - guru UPT SDN 3 BULUKARTO PRINGSEWU

Guru kreatif yang ingin menjadikan anak didik abad 21

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Aku Seorang Guru IDT

1 Oktober 2022   07:39 Diperbarui: 1 Oktober 2022   07:38 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Gembiranya hati ini ketika SK pengangkatanku sebagai guru sudah ditangan. Tak sabar hati ini untuk segera berangkat,tertulis di SK SDNk Mas Tambong ,nama SD yang unik pikirku,pasti daerahnya sejuk. 

"Man,Bangun,!.bangun uyy,katanya kamu mau berangkat pagi ini,suara Ibuku yang melengking seketika membuatku melompat seketika,Aku menghampiri ayah yang sedang mengelap-ngelap motor vegaR kesayanganya,"yaaah,jadikan mau ngater aku ke SD yang tertera di SK itu,"tentu doong,ayah juga mau tau  dimana itu SD tempat kamu mengajar nanti.

Tepat pukul 09 pagi aku dan ayah sudah siap berangkat,"aku pamit ya,bu, doakan aku betah disana dan doain dapat jodoh anak lurah,heheheheh,"iya  pasti ibu doakan nak,jaga dirimu baik-baik,hati-hati di kampung orang." ya bu,aku dan ayah sudah siap berangkat.Tak ada peta tak ada petunjuk,di SK hanya tercantum SDNK Mas Tambong kecamatan cukuh balak,tanggamus.

Jangankan aku,ayah saja tidak tau,daerah mana itu.hanya berbekal tanya sana -sini akhirnya aku dan ayah sampai di daerah cukuh balak."maaf bu,mau numpang tanya,Kalau SDNK Mas Tambong itu dimana ya bu,? tanyaku kepada seorang ibu yang sedang duduk dihalaman rumahnya."aduh saya tidak tau nak,sepertinya nama SD itu tidak ada didaerah sini.

Aku dan Ayah tidak putus asa,motor ayah terus berjalan menyusuri jalan bebatuan yang sempit dan dikanan -kiri tak ada satupun rumah yang nampak.Akhirnya kami sampai diperkampungan juga,"maaf pak,saya mau bertanya,kalau SDNK Mas Tambong dimana ya pak,? "bapak jelasnya tidak tau nak,coba kamu datangi saja kantor KUPT di daerah sini,kamu jalan lurus lagi,kira-kira 1 kilo sebelah kiri jalan itu ada kantor KUPT dinas pendidikan ,mungkin nanti diberi petunjuk.Ada secercah harapan dalam hati aku dan ayah.

Sampailah kami di kantor KUPT Cukuh balak,kantor itu berukuran sangat kecil seperti rumah kontrakan satu kamar.kantor itu terlihat sepi .Assallamualaikum......Terdengar jawaban dari dalam,waalaikum sallam,"Cari siapa ya dek,Tanya seorang laki-laki setengah baya,rupanya beliau habis mencuci kakinya yang penuh dengan lumpur.Terlihat dari celana yang dikenakanya kotor dan basah."saya mau bertanya kepada bapak,Bapak tau letak SDNK mas tambong,kemudian laki-laki itu langsung menuju peta daerah yang tergantung didinding.dia mencari-cari letak SDNK Mas tambong,"tapi kok tidak ada ya di peta ini.

"Waduh,bagaimana sampai tidak ada pak,tapi benar,kan,SDNK mas tambong masuk wilayah sini?,iya benar dek,Kalau begitu adek sekarang kekampung Kaca Marga saja,nanti di sana adek tanya,ya.Karena saya pernah dengar disana ada SDNK."baik,pak,Terimaksih atas infonya.ayah mulai terlihat lelah dan cemas.jam sudah menunjukan pukul 03.sore.tapi belum ada tanda tanda kami akan sampai ke daerah yang akan dituju.jalan menuju daerah kaca Marga jalanya tidak terlalu rusak,tapi jalanya berliku-liku.Tepat pukul 03-45.

Aku dan ayah sampai didaerah kaca Marga.Disitu ada warung yang sangat sering dikunjungi warga ataupun tempat singgah pendatang.Aku dan Ayah mampir untuk menghilangkan haus dan lapar di warung itu.sambil menikmati nasi rames  aku sempatkan untuk bertanya pada ibu penjaga warung "bu,kalau SDNK Mas Tambong dimana ya,?'owalaaah  dek ,cari SD mas tambong ya,nanti adek jalan lurus saja ya,nanti ada jalan setapak ,nah adek luruuuuuuus saja jangan belok-belok."motor bisa masuk,bu? 'bisa saja dek,tapi harus motor trail,'.

Aku terdiam,ayahpun memandangku dengan wajah kisut."yah,jadi bagai mana ini,apa kita lanjutkan hari ini.atau kita tunda besok saja,"."menurut ayah,mendingan kita lanjutkan besok saja,yang penting kita sudah tau arah dan tujuanya."ayo,sudah habiskan makanan dan kopimu,kita pulang sekarang,ini sudah jam 4 sore,nanti kita kemalaman dijalan.aku dan ayah segera bergegas melanjutkan perjalanan yang memakan waktu 3 jam untuk sampai dirumah.................bersambung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun