Mohon tunggu...
Herman Susilo
Herman Susilo Mohon Tunggu... Human Resources - Pegiat sosial yang menyukai dunia sumber daya manusia

Love being husband & father of three. Enjoying social works, human relations & strategic management

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PKH Tingkatkan Kualitas 13,4 Persen Keluarga di Jawa

29 Agustus 2021   07:20 Diperbarui: 29 Agustus 2021   07:24 41 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PKH Tingkatkan Kualitas 13,4 Persen Keluarga di Jawa
M. Dede Soleh tampilkan capaian PKH di Jawa Barat.  Dok: pribadi

Surabaya (28/08)

Sebanyak 13,4 Persen keluarga di Jawa meningkat kualitasnya melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Hal itu terungkap dalam kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Koordinator PKH se-Regional Jawa di Kota Surabaya pada 26-29 Agustus 2021.

Kasubdit Sumberdaya Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial Ari Widianto mengungkapkan dukungan PKH dalam meningkatkan taraf hidup keluarga di Regional Jawa mencapai 13,4%. "Artinya ada 13,4 persen keluarga di Jawa telah mengikuti rangkaian peningkatan kualitas keluarga melalui PKH, " jelas Ari. PKH juga membantu mengurangi beban, meningkatkan daya beli, mengubah perilaku dan meningkatkan inklusi keuangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

"Jumlah penerima PKH di regional Jawa sebanyak 5.698.125 keluarga dari jumlah total keluarga di seluruh Jawa 42.529.786 kk," tambah Anang Mega Cahyo Koordinator Regional Jawa.

Sementara itu Kasubdit Validasi dan Terminasi Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial Radik Karsadiguna menggarisbawahi pentingnya menampilkan capaian PKH di masing-masing wilayah. 

"Para koordinator harus mampu menyajikan capaian prestasi PKH di provinsi masing-masing sebagai bahan masukan bagi pemangku kepentingan di berbagai level," tandas pria yang telah 17 tahun mengawal perencanaan program. 

Implementasi Tujuan PKH
Pada sesi implementasi tujuan PKH, seluruh peserta berlomba menampilkan hasil terbaik pelaksanaan PKH yang berkaitan erat dengan 5 tujuan PKH.

"Prioritas kami meningkatkan kualitas SDM penerima PKH," terang M. Dede Sholeh koordinator wilayah PKH Jawa Barat 2. Ia menyampaikan selama ini tim PKH Jawa Barat telah berhasil melakukan advokasi lebih dari 5000 anak KPM PKH mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. "Kami ingin taraf hidup anak-anak penerima PKH meningkat pendidikannya," tambah Atoilah Korwil Jawa Barat 1.

Sementara itu PKH di Jawa Timur telah berhasil mengubah perilaku penerima manfaat. "Kehadiran peserta didik anak KPM PKH meningkat 32% di fasilitas pendidikan," ujar M. Zainul Arifin Korwil PKH Jawa Timur 1.  

"Kehadiran PKH di Jawa Timur juga telah meningkatkan kehadiran anak PKH di Fasilitas kesehatan sebesar 16,84%," timpal Agus Sudrajat korwil PKH Jawa Timur 3. PKH Jawa Timur juga telah berhasil menumbuhkan rumah baca di Madiun dan bank sampah di Blitar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan