Mohon tunggu...
Heri Bertus A Toupa
Heri Bertus A Toupa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bijak dalam Berpikir dan Sopan dalam Perkataan

Gemar travelling dan membaca - Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Fungsi Es Batu untuk Kesegaran Ikan di Pasar Tradisional

29 Juli 2021   04:11 Diperbarui: 29 Juli 2021   04:22 150 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fungsi Es Batu untuk Kesegaran Ikan di Pasar Tradisional
Sebuah contoh gambar ikan yang di taruh di atas pecahan es batu agar tahan lama (source: sehatq.com / hidup sehat by Annisa Amalia Ikhsania)

Fungsi yang utama meletakkan ikan di atas es batu adalah untuk menjaga kandungan asam lemak dan proteinnya, sehingga ikannya kelihatan fresh, tahan lama untuk disimpan beberapa hari serta aman untuk dikonsumsi. 

---

Salah satu lauk pauk yang sering di santap oleh kita semuanya di Indonesia adalah ikan. Entah itu makan pagi, makan siang dan makan malam, pasti kadangkala harus menyajikan ikan di atas meja bersama dengan lauk lainnya. 

Negara kita mempunyai laut yang luas, sehingga kita bisa saja makan ikan dari para nelayan kapan pun saja kita mau. Yah...memang betul Indonesia sangat kaya dengan ragam macam ikannya, entah itu dari laut, rawa, sungai atau di budidayakan dari kolam sendiri.

Indonesia memiliki wilayah laut yang luas dengan jumlah ikan yang banyak pula. Wajarlah, tanah air kita di kenal sebagai negara maritim yang menghasilkan banyak macam ikan, walaupun negara tetangga masih saja bebas masuk dan mencuri ikan - ikan yang ada di perairan laut Indonesia tapi masih saja belum habis, karena jumlahnya yang sangat berlimpah untuk di konsumsi oleh masyarakat kita sendiri.

Dalam kehidupan kita sehari - hari, makan ikan sudah bisa di kategorikan sebagai lauk yang cukup istimewa bagi keluarga dengan kondisi ekonomi yang berbeda. Pada dasarnya, semua level status dalam masyarakat bisa makan ikan, hanya tergantung jenis ikan yang akan di konsumsi. Ada juga jenis ikan yang sangat mahal, karena rasanya yang enak dan bentuknya yang besar serta sangat laku di pasaran, sehingga harganya relatif mahal. 

Ada beberapa jenis ikan yang harganya normal yang mana bisa di jangkau untuk di beli oleh seluruh masyarakat, atau dengan kata lain, kita bisa mendapatkan ikan yang sangat enak dan segar, ketika kita pergi memancingnya di sungai atau rawa, seperti: nila, gabus, lele / tanduk, karper, mujair dan lain - lain. Ikan air tawar yang berasal dari sungai dan rawa tentunya tidak kalah enaknya dengan ikan yang berasal dari laut, hanya cara tangkapnya saja yang berbeda.

Pastinya, minimal dua atau tiga kali dalam seminggu pasti akan menyantap ikan setiap kita makan. Kita bisa membelinya di pasar, hasil dari pancingan atau peliharaan sendiri. 

Bahkan acara memanggang ikan sambil berekreasi adalah moment yang sangat menyenangkan, apalagi bisa berkumpul bersama dengan teman, kerabat  dan keluarga untuk bisa makan ikan yang bergizi, enak dan harum ketika di panggang. Sayangnya...hal itu harus di tunda dulu saat ini karena menjaga kesehatan agar tidak terkena virus corona dengan tidak membuat keramaian atau berkumpul dalam jumlah yang banyak.

Salah satu daya tarik customer (pembeli) ketika untuk membeli ikan adalah faktor kesegarannya. Semua pelanggan menginginkan ikan yang jauh lebih segar kelihatan, tidak busuk dan tak ada bahan kimia yang di campur pada ikan agar bertahan lama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN