Mohon tunggu...
Herry Gunawan
Herry Gunawan Mohon Tunggu... seorang pemuda yang peduli

Saya seorang yang gemar fotografi dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Waspada Situs Provokatif Penyebar Kebencian Digital

6 Maret 2021   08:09 Diperbarui: 6 Maret 2021   08:11 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada Situs Provokatif Penyebar Kebencian Digital
Media Sosial - @DamailahRI

Provokasi merupakan bentuk perilaku yang tidak baik. Provokasi sama halnya dengan adu domba. Ketika masa penjajahan, kita semua menjadi korban adu domba penjajah, sampai akhirnya harus hidup dalam masa penjajahan ratusan tahun. 

Karena adu domba ini pula, perjuangan para pahlawan tidak bisa bersatu, karena antar sesama saling curiga dan menyalahkan. Namun begitu sadar bahwa adu domba itu merusak persatuan, masyarakat melawannya dengan bersatu sampai akhirnya kemerdekaan bisa kita raih dan rasakan hingga saat ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak orang mulai menyampaikan ekspresinya melalui media sosial. Tidak sedikit pula yang membuat situs sendiri, untuk mengakomodir segala kepentingannya. 

Karena dunia maya merupakan bagian dari ruang publik virtual, segala aktifitas pun bisa dilakukan dengan mudah. Semua orang bisa beraktifitas di dalamnya. Sayangnya, kemudahan dalam beraktifitas itu disalahgunakan oleh sebagian orang, untuk menyebarkan konten-konten yang tidak bertanggungjawab. Salah satunya adalah maraknya situs dan konten provokasi penyebar kebencian.

Beberapa pekan yang lalu, ketua umum nahdlatul ulama Said Aqil Siradj kembali mengingatkan kepada kominfo, untuk menutup situs atau akun yang dikelola oleh kelompok wahabi. 

Keberadaan situs yang sering digunakan sebagai media dakwah ini, seringkali menyebarkan ajaran-ajaran yang cenderung radikal dan provokatif. Orang-orang yang terpapar ajaran ini, akan lebih mudah terpapar intoleransi dan radikalisme. 

Bahkan untuk dipengaruhi menjadi bagian dari aksi terorisme pun akan lebih mudah, jika yang bersangkutan sudah terpapar virus radikalisme.

Menjadi tugas kita bersama untuk terus melakukan pengawasan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini penting karena semua orang bisa mengakses internet, dan semua orang aktif di media sosial. 

Dari anak-anak hingga dewasa banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, internet menjadi pilihan menarik untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. 

Namun beraktifitas di internet, tidak boleh dengan tangan kosong. Harus punya bekal yang cukup alias literasi yang kuat. Jika kita tidak punya dasar informasi yang akurat, tentu akan mudah menjadi korban provokasi situs menyesatkan di dunia maya.

Tak jarang diantara kita mungkin pernah mendapatkan link berita tertentu yang masuk ke ponsel kita. Hal ini dilakukan agar semua orang bisa masuk ke situs yang dimaksud. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x