Mohon tunggu...
Muhammad HercahyaAbadi
Muhammad HercahyaAbadi Mohon Tunggu... FEB UNMAS DENPASAR

Seseorang yang ingin berusaha demi keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Sekarang Era 4.0 tapi Belum Berinvestasi? Berinvestasilah Mulai dari Sekarang

25 Maret 2020   09:04 Diperbarui: 25 Maret 2020   09:05 42 0 0 Mohon Tunggu...

Muhammad Hercahya Abadi, Prodi Akuntansi FEB UNMAS Denpasar

Semakin tahun bertambah perkembangan teknologi sangatlah pesat. Kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Seperti halnya untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya. Salah satunya yaitu dengan cara berinvestasi.

Jika mendengar kata investasi tentunya sudah tidak asing di telinga kalian semua, Apa itu investasi? Investasi adalah penanaman modal dalam suatu perusahaan yang diinginkan untuk memperoleh sebuah keuntungan.

Investasi di era 4.0 ini sudah tidak susah lagi karena investasi bisa dilakukan dengan cara online. Ada berbagai macam investasi yang bisa kita pilih sesuai dengan budget yang kita miliki. Berikut ini saya akan beri beberapa tips berinvestasi yang mudah dan aman bagi kaum milenial.

1. Hitunglah pendapatan dan pengeluaran bulanan anda

Lakukan perhitungan pendapatan dan pengeluaran bulanan anda secara detail atau rinci. Teliti bagian pengeluaran, mana yang masuk dalam kategori kebutuhan pokok, kebutuhan tambahan, dan hal-hal lain yang perlu dibeli saja, jangan beli peralatan yang belum perlu sekali untuk dibeli.

2.Pilih dan pahami investasi yang anda pilih, sesuaikan dengan budget anda

Ada banyak jenis investasi yang bisa kita pilih jika kita mau berinvestasi. Untuk investasi yang bermodal besar, bisa dengan membeli tanah, rumah, atau apartemen. Investasi jenis ini bisa kok dengan cara kredit atau nyicil dengan termin sekian sampai sekian tahun. Untuk jenis investasi yang tidak terlalu besar, kita bisa memilih deposito, saham, reksadana, atau emas. Jika masih awal dan masih belum yakin bisa memilih investasi yang tidak terlalu besar saja.

3.Berinvestasilah pada perusahaan yang terdaftar di otoritas Pemerintah

Untuk mengetahui aman dan tidaknya perusahaan yang kita pilih untuk investasi saham dan reksadana adalah dengan cara mengecek perusahaan tersebut apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Jika investasi yang dipilih adalah deposito, pilihlah bank-bank bonafit dan terdaftar.

4.Tanya atau konsultasi kepada orang yang sudah berpengalaman berinvestasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN