Mohon tunggu...
Heny Ima
Heny Ima Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Halo! Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kolaborasi Mahasiswa Unisma dan Siswa SMAN 3 untuk Kampanye Peduli Lingkungan di Tengah Pandemi

21 September 2020   22:24 Diperbarui: 22 September 2020   18:55 253 0 0 Mohon Tunggu...

Malang Memasuki tahun ajaran baru, pihak Universitas di Kota Malang bagian Fakultas Pendidikan mempersiapkan diri untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk kegiatan PPL(Program Pengalaman Lapangan). Kegiatan PPL ini sudah menjadi kegiatan yang selalu ada di setiap tahunnya dilaksanakan bagi mahasiswa di Indonesia yang menempuh jurusan keguruan.

Tujuan dari adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya sebagai calon guru professional, dengan memberikan pengalaman kepada mahasiswa pada bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah.Tak terkecuali Universitas Islam Malang (UNISMA) yang juga telah melepaskan mahasiswa-mahasiswanya ke berbagai sekolah di Kota Malang untuk melaksanakan program ini pada Sabtu, 8 Agustus 2020 lalu.

Pada program PPL-KKN ini, UNISMA memiliki beberapa kategori program, diantaranya adalah: a) PPLReguler, b) PPL-KKN Terpadu, c) PPL-KKN Internasional, d) KKN-E, dan e) KKNReguler. Salah satu hal yang menarik dari program ini adalah PPL-KKN Terpadu, dimana pelaksanaan KKN yang sering diketahui orang banyak bertempat di desa, namun program ini dilaksanakan di sekolah.

"Ada, ya, program PPL-KKN Terpadu itu. Sayabaru tahu ini. Ya.. ya.. bagus, bagus..." ujar salah satu guru Bahasa Indonesia SMAN 3 Malang, Bapak Sri Wahyudi, ketika berbincang dengan mahasiswa prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia saat bimbingan. 

Mahasiswa yang mengambil program ini akan melaksanakan kegiatan PPL dan KKN dalam satu waktudi sekolah yang ditempatkan. Berhubung saat ini masih masa pandemi, makakegiatan PPL-KKN Terpadu dilaksanakan secara daring (online).

Sejalan dengan SMAN 3 Malang yang menyandang predikat Adiwiyata Nasional, Mahasiswa UNISMA mendukung program tersebut dengan berpartisipasi dan terlibat aktif dalam program adiwiyata sekolah yang bernama B-Peduli Lingkungan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan secara daring setiap Jumat pagi. Para siswa SMAN 3 dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan menonton live streaming dari kanal Youtube.

Presentasi materi oleh Mahasiswa UNISMA dan sosialisasi kampanye peduli lingkungan
Presentasi materi oleh Mahasiswa UNISMA dan sosialisasi kampanye peduli lingkungan

Pembukaan oleh Tim Adiwiyata SMA Negeri 3 Malang dan Mahasiswa Universitas Islam Malang (dokpri)
Pembukaan oleh Tim Adiwiyata SMA Negeri 3 Malang dan Mahasiswa Universitas Islam Malang (dokpri)
Pada kegiatan B-Peduli akhir Agustus lalu, mahasiswa merancang bentuk kegiatan B-Peduli dengan melakukan kampanye secara daring melalui media sosial instagram. Hal ini didasarkan pada kebiasaan anak muda yang senang membagikan aktivitasnya via media sosial dan ditonton/dilihat oleh banyak orang. Ini cukup efektif jika kampanye peduli lingkungan di tengah pandemi diramaikan oleh anak-anak muda di sela aktivitasnya selama #DiRumahSaja.

Kampanye tersebut disambut hangat oleh pihak sekolah yang mendukung dan memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kampanye peduli lingkungan. Sambutan hangat itu dibuktikan dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk presentasi dan mengisi kegiatan B-Peduli Lingkungan mengenai pengaruh sosial media untuk kampanye peduli lingkungan dan peduli kesehatan di tengah pandemi pada 28Agustus 2020. Mahasiswa juga menyediakan special reward bagi siswa-siswi yang terlibat aktif dengan mengunggah postingan yang menarik di Instagram tentang aktivitasnya yang menunjukan kepedulian terhadap lingkungan atau kesehatan.

Pemenang Kampanye via Instagram Juara 1 (dokpri)
Pemenang Kampanye via Instagram Juara 1 (dokpri)

Pemenang Kampanye via Instagram Juara 2 (dokpri)
Pemenang Kampanye via Instagram Juara 2 (dokpri)
Mengingat angka persebaran Covid-19 masih terus bertambah, tidak hanya kesehatan yang dijadikan perhatian utama, namun hal lainnya, termasuk kepedulian terhadap lingkungan juga tetap perlu diperhatikan. Dengan adanya kampanye ini, mahasiswa UNISMA berharap ada banyak orang yang sadar akan kepedulian terhadap diri dan lingkungannya, dan senantiasa menjaga lingkungan dan kesehatan diri dan sekitarnya.

Oleh:Mahasiswa PPL-KKN Terpadu Universitas Islam Malang

Penulis : Heny Ima Dwi C.

Dokumentasi:Septiana Saptari

DPL:Dr. Hj. Mutmainah Mustofa, M.Pd.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x