Mohon tunggu...
Hendra Setiawan
Hendra Setiawan Mohon Tunggu... Pernah menjadi Penyelenggara Pemilu, Entry Data Sensus di Badan Pusat Statistik. Kini sebagai guru di MTs dan MA swasta

Namanya adalah Hendra Setiawan, lahir di Bojonegoro, 25 tahun yang lalu. Hendra adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Jika ingin melihat artikel atau jurnal saya yang lain klik https://scholar.google.com/citations?user=SQsRhpEAAAAJ&hl=id&oi=ao

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengertian Penilaian dan Pengolahan Skor Mentah

23 Mei 2025   09:01 Diperbarui: 23 Mei 2025   09:14 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pengolahan (Sumber: Dokumen Pribadi)

Penilaian merupakan sebuah proses yang didesain untuk membantu guru menemukan hal-hal yang telah dipelajari siswa di dalam kelas dan tingkat keberhasilannya dalam pembelajaran.

Untuk mengolah skor mentah di atas menjadi 1-10, kita perlu mencari Mean (angka rata- rata) dan DS. Untuk itu skor mentah tersebut kita susun ke dalam tabel distribusi frekuensi. Langkah-langkah menyusun tabel frekuensi adalah sebagai berikut :

a. Kita tentukan dulu banyaknya kelas interval dengan jalan :

b. Materi range (R), dengan mengurangi skor maksimum dengan skor minimum (range= selisih antara skor maksimum dan skor minimum)

c. Bagian range ke dalam interval-interval yang sama sedemikian rupa sehingga jumlah kelas interval antara 6-15 atau 11-19.

d. K= banyaknya kelas yang dikehendaki atau dicari 1= merupakan bilangan tetap, n= banyaknya skor (jumlah siswa yang dites).

e. Mengisi kolom 2 (kolom interval) di dalam tabel yang telah tersedia, mulailah dari skor minimum berturut-turut dengan interval yang telah ditemukan dan sejumlah kelas yang ditentukan pada langkah pertama.

f. Membuat tally pada kolom 3 (mentabulasikan tiap-tiap skor ke dalam kelasnya).

g. Mengisikan angka (jumlah) tally ke dalam kolom 4 (lajur frekuensi=f).

h. Menentukan deviasi pada jalur d dengan menetapkan letak mean dugaan (M) dengan angka nol pada kelas tertentu. Untuk menduga letak nol tersebut dapat kita pilih kelas yang mengandung frekuensi yang paling tinggi. Selanjutnya kita letakkan angka-angka deviasi itu dari nol ke atas dan ke bawah. Angka-angka di atas nol kita beri tanda + (plus) dan angka-angka di bawah nol diberi tanda -- (minus).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun