Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Artikel Utama

Mobil Bekas untuk Mudik, Simak Kiat Memilih Cerdas

23 Maret 2023   16:48 Diperbarui: 25 Maret 2023   13:45 1709
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustasi mengendarai mobikl| Foto: iStockphoto

Mobkas atau mobil bekas saat ini semakin mudah kita dapat. Semakin banyak pula pilihan dari mulai jenis merk, kapasitas mesin, kapasitas penumpang hingga tahun pembuatan. 

Acara mudik sudah menjadi tradisi tahunan pada setiap Lebaran. Walaupun mudik masih lama namun apa salahnya saat ini mulai mengincar kendaraan yang nanti akan digunakan dalam acara mudik Lebaran tahun ini. 

Seiring meningkatnya produksi mobil-mobil baru, maka mobil-mobil bekas semakin banyak menjadi pilihan dengan usia yang masih muda. 

Bagi mereka kalangan atas biasanya usia mobil yang mereka miliki tidak sampai 5 tahun pemakainnya, biasanya mereka segera mengganti dengan mobil baru. 

Namun tidak berlaku bagi kalangan menengah ke bawah. Mereka adalah kalangan yang rerata memiliki kendaraan mobil pertama kalinya adalah mobkas

Andai kata pun membeli mobil baru pada saat kedaraan milik pertamanya, maka masa pakainya pasti lebih dari 5 tahun bahkan mungkin lebih lama dan belum terpikir untuk membeli lagi mobil baru.

Bagi mereka yang sudah pernah memiliki mobil bekas, maka pergantian mobkas lama dengan mobkas incaran terbarunya menjadi mudah. Hal ini karena mereka sudah berpengalaman ketika mendapatkan mobkas sebelumnya. 

Mari kita langsung saja menyimak hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan ketika kita memutuskan membeli mobil bekas. Ulasan ini merupakan hasil diskusi ringan dengan montir-montir berpengalaman. 

Tentukan terlebih dulu kemampuan dana yang saat ini tersedia. Dengan mengetahui kemampuan dana, maka kita bisa menentukan mobil bekas dengan harga yang sesuai dengan kemampuan dana yang ada. 

Hal utama yang harus kita ketahui adalah kelengkapan surat-surat mobil seperti BPKB, STNK, dan Faktur Asli waktu transaksi pembelian. 

Apakah dokumen STNK dan BPKB tersebut sudah cocok dengan keadaan mobil tersebut. Nomor kendaraan sudah sesuai dengan STNK, begitu pula dengan data di BPKB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun