Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang Juara Grup, Ada di Jalur Brasil dan Argentina

2 Desember 2022   05:14 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:15 519
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Jepang merayakan kelolosan mereka ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto AFP/Jewel Samadvia Kompas.com). 

"Samurai Biru" Jepang luar biasa. Mereka telah menorehkan sejarah dengan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Jepang dengan gemilang mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga terakhir grup E di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12/22) dini hari WIB. 

Gol dari Ritsu Doan dan Ao Tanaka membantu Jepang sebagai juara Grup E. Sementara itu La Roja walaupun kalah dalam laga ini, mereka tetap lolos dari fase grup sebagai runner up

Spanyol sempat unggul di babak pertama lewat sundulan pemain gaek, Alvaro Morata saat laga baru berjalan 11 menit. Striker Atletico Madrid itu sukses menuntaskan umpan silang dari pemain yang bermain di Chelsea, Cesar Azpilicueta.

Jepang menyusul tim Asia lainnya, Australia yang telah lolos ke 16 besar usai menang 1-0 atas Denmark dalam laga terkhir mereka di fase grup. Satu lagi tim Asia yaitu Korea Selatan masih belum bertanding menghadapi Portugal pada matchday akhir grup H. 

Pada laga lainnya di grup E ini, Jerman harus tersingkir dari persaingan karena mereka hanya menang 4-2 atas Kosta Rika sehingga kalah selisih gol dengan Spanyol walaupun mereka memiliki poin yang sama yaitu 4 poin. 

Jerman memiliki satu kemenanga 4-2 atas Kosta Rika, bermain imbang 1-1 dengan Spanyol dan kalah 1-2 dari Jepang. 

Sementara itu Spanyol menang 7-0 atas Kosta Rika, imbang 1-1 dengan Jerman dan kalah 1-2 dari Jepang. Jelas Jerman kalah dalam selisih gol dengan Spanyol walaupun sama-sama memiliki 4 poin.  

Perjalanan Jepang dan Spanyol pada babak-babak berikutnya berada pada jalur yang berbeda. Jepang ada pada jalur terjal yang berisi tim-tim para juara Dunia, Brasil dan Argentina. 

Spanyol sendiri sebagai juara dunia ada pada jalur yang berisi juara bertahan Prancis dan Inggris, juara Piala Dunia tahun 1966. 

Mari kita simak saja bagaimana perjalanan Jepang dan Spanyol pada babak-babak sistem gugur ini. Sangat menarik kita tunggu. 

  • Perjalanan Terjal Samurai Biru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun