Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Jelang Laga Perdana Timnas Garuda Asia di Piala AFF U16, "Menanamkan Nilai-nilai yang Benar"

31 Juli 2022   07:22 Diperbarui: 31 Juli 2022   17:45 254 37 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatih timnas U16 Indonesia, Bima Sakti (hijau kanan), memberikan arahan kepada skuadnya jelang laga Indonesia vs Filipina, Minggu (31/7/2022). Sumber: PSSI via Kompas.com

Timnas Garuda Asia, julukan Timnas U16 Indonesia, akan melakukan laga perdana mereka di ajang kejuaraan Piala AFF U16. Pada hari Minggu (31/7/22) pukul 20.00 WIB, skuad asuhan Bima Sakti ini akan menghadapi Filipina di Stadion Maguwoharjo Sleman. 

Pada kejuaraan kelompok usia muda usia di bawah 16 tahun ini, Indonesia berada di grup A bersama Filipina, Singapore dan Vietnam. Di antara mereka, Vietnam adalah lawan yang terberat. 

Garuda Asia akan menghadapi Vietnam pada laga terakhir grup A pada Sabtu (6/8/22) dan sebelumnya menghadapi Singapore pada Rabu (3/8/22). Semua laga Indonesia berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman mulai pukul 20.00 WIB. 

Sementara itu grup B terdiri dari Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei dan yang menghuni grup C adalah Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja. 

Juara dari masing-masing grup berhak lolos ke semi final bersama satu tim yang menjadi runner up terbaik di antara tiga grup tersebut. 

Regulasi yang berlaku dalam babak fase grup dengan menerapkan head to head untuk penentuan tim yang lolos ke babak selanjutnya seperti regulasi yang berlaku di Piala AFF U19 yang lalu. 

Regulasi ini sebenarnya memiliki kelemahan yaitu membuka celah untuk bermain aman ketika ada dua tim yang sudah diuntungkan lolos ke babak selanjutnya. 

Contoh laga yang tidak fair play itu baru saja dipraktekan oleh Vietnam dan Thailand dalam kejuaraan AFF U19 yang menyisihkan tuan rumah Indonesia. 

Berbeda jika yang digunakan adalah perhitungan perbedaan produktivitas gol. Mereka harus mengejar target gol kemenangan sesuai dengan pencapaian lawan-lawan mereka. 

Kejuaraan usia muda ini adalah kejuaraan yang bertujuan pada target pembinaan para pesepkabola muda agar mampu menerapkan aspek teknik, taktik dan filosofi sepak bola dengan benar. Menjunjung tinggi fair play sebagai pondasi moral. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan