Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gegara Virus Corona, Louis Van Gaal Kecam Direktur Teknik Ajax Amsterdam

7 April 2020   00:19 Diperbarui: 7 April 2020   01:40 109 22 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gegara Virus Corona, Louis Van Gaal Kecam Direktur Teknik Ajax Amsterdam
Louis Van Gaal (Foto Skysports.com) 

Heboh virus corona ini sudah sedemikian memporakporandakan semua agenda termasuk dalam bidang olah raga seperti sepak bola. Setelah Euro 2020 ditunda hingga tahun 2021, maka semua kompetisi di Eropa juga dihentikan seperti Premier League, La Liga, Bendesliga, Serie A dan Ligue 1, gegara pandemic Covid-19 ini.

Kelanjutan dari kompetsi sepak bola di Eropa wacananya terus berkembang dinamis dalam beberapa pekan ini. Salah satu kabar hangat pekan ini adalah dihentikannya Liga Jupiler Belgia lebih cepat. Klub Brugge tampaknya dinobatkan menjadi juara Belgia.  Hal itu terjadi usai dewan direktur Liga Pro Jupiler merekomendasikan musim ini harus berakhir lebih awal karena pandemi global coronavirus.

Apa yang dilakukan oleh Liga Jupiler Belgia ini rupanya menjadi inspirasi bagi segelintir pejabat di klub Liga Belanda salah satunya adalah klub Ajax Amsterdam.

Marc Overmars (Foto Skysports.com) 
Marc Overmars (Foto Skysports.com) 

Direktur teknis Ajax, Marc Overmars yang juga mantan bintang Arsenal dan Barcelona itu sangat kritis terhadap asosiasi sepakbola Belanda (KNVB). Dia menyerukan agar musim Eredivisie diumumkan berhenti karena menghadapi pandemi global. Coronavirus sudah menjadi pandemi yang sangat mengancam kesehatan masyarakat Dunia. 

Sebelumnya Asosiasi sepakbola Belanda (KNVB) mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan akan mengikuti arahan UEFA untuk berusaha menyelesaikan musim kompetisi setelah ditangguhkan. Tentang rencana tersebut, Overmas menanggapinya dengan kritikan.

"Saya membandingkan KNVB dan UEFA dengan sentimen presiden Amerika Donald Trump seminggu yang lalu ketika dia berpikir ekonomi lebih penting daripada coronavirus. Halo. Ada lebih dari 100 orang meninggal setiap hari di Belanda karena virus korona." Kata Overmas dilansir Skysports.com (5/4/20).

Ini kritika Overmas kepada KNVB tentang rencana untuk melanjutkan kompetisi seperti saran Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Menurut Overmas kepentingan kesehatan masyarakat lebih penting dan menganggap kepentingan KNVB dan UEFA sama seperti kepentingan Donald Trump.

Keinginan Overmas tersebut membuat Louis van Gaal menuduh mantan klubnya Ajax mencoba menggunakan pandemi coronavirus untuk keuntungan mereka sendiri. Kecaman ini secara tidak langsung ditujukan kepada Direktur teknik klub, Overmas.

Ajax saat ini memimpin Eredivisie hanya unggul selisih gol dari AZ Alkmaar dengan 56 poin setelah 25 pertandingan. Sementara Feyenoord memiliki selisih enam poin dengan mereka di posisi ketiga. Jika Eredivisie dihentikan dengan alsan pandemic coronavirus maka Ajax bisa diberi gelar sebagai juara kompetisi tahun ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN