Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Indonesia Vs Vietnam, Laga Penentuan Karier Simon McMenemy?

15 Oktober 2019   05:08 Diperbarui: 15 Oktober 2019   14:36 0 22 13 Mohon Tunggu...
Indonesia Vs Vietnam, Laga Penentuan Karier Simon McMenemy?
Kompas.com/GARRY LOTULUNG

Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, Timnas Garuda sudah memainkan 3 laga dengan hasil 3 kali mengalami kekalahan. Mereka kalah 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand dan 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Lengkap sudah penderitaan dengan kebobolan 11 gol dan hanya mampu membuat 2 gol. Maka laga melawan Vietnam yang berlangsung di Bali ini adalah tekad pembuktian untuk menang sekaligus menjadi titik balik kebangkitan Timnas Garuda. 

Laga ini juga menjadi pertanyaan besar bagi karier Simon McMenemy jika mengalami kekalahan yang ke-4. Bisa saja Simon dipecat oleh pengurus PSSI yang baru terbentuk awal November ini. Tidak ada maaf bagi pelatih manapun mengalami 4 kekalahan beruntun dalam suatu ajang seperti kualifikasi Piala Dunia ini.  

Pada lanjutan matchday di grup G ini, Timnas Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk menjamu Vietnam di Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, Selasa (15/10/19) pukul 18.30 WIB. Laga ini merupakan yang ke-4 bagi skuad Simon McMenemy.

Tiga kekalahan beruntun sebelumnya merupakan rapor buruk performa dari Tim Garuda. Maka laga melawan Vietnam ini merupakan laga yang wajib dimenangkan.

Menurut Goal.com (14/10/19), kedua tim pertama kali bertemu pada ajang kualifikasi Piala Dunia yaitu pada 16 April 1993. Timnas Indonesia saat itu harus mengakui keunggulan Vietnam dengan satu gol tanpa balas.

Namun sejarah pertemuan secara keseluruhan, Timnas Indonesia masih lebih mengungguli atas Vietnam. Dari 21 pertandingan, skuad Merah Putih berhasil meraih delapan kemenangan, delapan imbang, dan hanya lima kali kalah dari Vietnam.

Tentu saja catatan ini bisa saja bukan faktor penting dalam menghadapi pertandingan terkini yang mereka hadapi. Namun bisa juga dijadikan faktor pemicu motivasi bagi para pemain untuk mempertahankan sejarah head to head di antara kedua tim.

Mungkin bagi Simon catatan rekor tersebut untuk sementara lebih baik disimpan saja. Alasannya adalah dalam beberapa tahun terakhir ini Vietnam memiliki program pembinaan jangka panjang hingga akhirnya mereka bisa seperti setangguh sekarang ini.

Skuad Vietnam semakin banyak dihuni oleh para pemain muda yang powernya sangat kuat dan berani. Mereka sangat percaya diri karena dalam dua laga pertama belum pernah kalah yaitu bermain imbang lawan Thailand di Bangkok dan menang 1-0 atas Malaysia di Hanoi. Ini adalah tantangan tersendiri bagi Timnas Garuda untuk bangkit menghadapi Vietnam.

Fans Garuda (Foto The AFC.com)
Fans Garuda (Foto The AFC.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x