Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Lawan Timnas Garuda di Kualifikasi Piala Dunia Qatar dan Piala Asia China 2023?

16 Juli 2019   07:49 Diperbarui: 16 Juli 2019   08:12 0 12 7 Mohon Tunggu...
Siapa Lawan Timnas Garuda di Kualifikasi Piala Dunia Qatar dan Piala Asia China 2023?
Selebrasi Beto Goncalves (Foto PSSI.org) 

Sudah tidak sabar menunggu Indonesia akan berada di grup mana bersama Negara mana, walaupun undian tersebut kini hanya tinggal menghitung hari. Kualifikasi untuk ajang Qatar FIFA World Cup 2022 dan AFC Asian Cup China 2023, undiannya akan diadakan pada 17 Juli 2019 di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia. Undian ini nanti melibatkan 40 negara dengan ranking FIFA teratas di Asia.

Pembagian pot undian sudah dilakukan pada 14 Juni 2019 berdasarkan Peringkat FIFA terbaru. Timnas Garuda sendiri berada di Pot 5 atau peringkat undian terbawah diantara 40 peserta tersebut. Setiap Pot berisi 8 tim peserta sehingga nantinya akan terbentuk menjadi 8 grup (The AFC.com 14/6/19).

Juara dari setiap grup dan 4 runner up terbaik dari 8 grup tersebut akan langsung lolos ke putaran final Piala Asia AFC China 2023 dan babak akhir kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Sementara itu 24 tim terbaik berikutnya dari tahap awal kualifikasi bersama akan bersaing dalam kompetisi terpisah untuk slot yang tersisa di 24-tim Piala Asia AFC China 2023.

Sedangkan 12 tim terbaik akan dibagi menjadi dua grup meloloskan 4 semi finalis untuk menentukan 3 terbaik yang lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022.

Timnas Garuda di Pot 5 bersama dengan Singapore, Nepal, Kambodia, Bangladesh, Mongolia, Guam, Macao/Srilangka. Ini berarti Indonesia tidak akan satu grup dengan Negara-negara di Pot 5.

Indonesia akan berada satu grup dengan tim yang berada pada Pot 1-4. Pembagian selengkapnya seperti disajikan pada foto di bawah ini yang dikutip dari The AFC.com (14/6/19).

Pembagian Pot kualifikasi Piala Dunia Qatar dan Piala Asia China (Foto The-AFC.com) 
Pembagian Pot kualifikasi Piala Dunia Qatar dan Piala Asia China (Foto The-AFC.com) 

Kita awali dengan membahas kekuatan di Pot 1. Semua tim yang ada di Pot ini memiliki kekuatan di atas Timnas Garuda. Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, China, Qatar, UEA dan Arab Saudi adalah Negara-negara elit sepakbola Asia. Tim pada Pot 1 ini bukan tandingan Indonesia siapapun nanti yang terpilih menemani Timnas Garuda.

Indonesia pernah bertemu dengan semua tim di Pot 1 ini. Diantara mereka mungkin hanya UEA dan Arab Saudi yang bisa kita imbangi permainan mereka. Selebihnya Timnas Garuda selalu tidak berdaya menghadapi tim seperti Australia, Iran dan Negara Asia Timur.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2