Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kekaguman Alex Ferguson dan Dua Sosok Penting dalam Skuad Jurgen Klopp

4 Juni 2019   03:58 Diperbarui: 4 Juni 2019   04:04 0 17 8 Mohon Tunggu...
Kekaguman Alex Ferguson dan Dua Sosok Penting dalam Skuad Jurgen Klopp
Alex Ferguson dan Jurgen Klopp (Foto Getty Images) 

Liverpool memang pantas menikmati sambutan pahlawan setelah mereka kembali ke Merseyside dari kemenangan 2-0 atas Tottenham dalam final Liga Champions yang berlangsung di Estadio Wanda Metropolitano Madrid, Minggu (2/6/19). Sekitar hampir 750 ribu penggemar membanjiri jalan-jalan kota dan pinggiran kota pada hari Minggu itu untuk merayakan kemenangan ketika pasukan Jurgen Klopp naik ke sebuah bis bertingkat dua terbuka bertuliskan Champions of Europe.

Jurgen Klop tampak sumringah sebagai gambaran kebahagiaan hatinya bersama wajah-wajah gembira para pemain Liverpool yang menyambut kemeriahan pesta kemenangan di Kota Liverpool tersebut.

Malam final itu diawali dari tendangan penalti Mohamed Salah dan diakhiri oleh gol  Divock Origi yang membuat Liverpool menang 2-0 atas Tottenham. Ini adalah Trofi pertama Jurgen Klopp bersama Liverpool yang telah lama dinantikannya. Klopp gagal di Premier League namun berhasil di Champions League (UEFA.com 2/6/19).

Klopp seolah ingin berteriak dengan mengatakan saatnya kini para pendukung merayakan kemenangan Piala Eropa yang keenam. Ya benar Liverpool adalah juara Eropa bukan hanya pada sebuah kompetisi di Inggris.

Hasil yang dicapai Jurgen Klopp ini membuat Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) ingin mengikat Sang Manajer menuju kontrak baru dengan durasi jangka panjang. Kesepakatan FSG dengan Klopp saat ini akan berakhir pada 2022. 

Menurut Skysports.com (2/6/19), pada dasarnya pemilik utama John W Henry, ketua Tom Werner dan presiden FSG Mike Gordon, ingin mengamankannya lebih lama dengan menyodorkan kontrak jangka panjang kepada Klopp. Alasan Manajemen klub tersebut sangat masuk akal karena sudah semakin terlihat bagaimana kinerja seorang Jurgen Klopp dalam membesut The Reds Liverpool.

Tidak berlebihan jika Legenda Liverpool, Jamie Carragher yang saat ini menekuni profesi sebagai Football Expert & Columnist beranggapan bahwa Jurgen Klopp adalah figur paling penting di Liverpool seperti dilansir situs tersebut di atas.

Bahkan menurutnya, Sir Alex Ferguson saja sangat mengagumi Jurgen Klopp terutama setelah akhirnya berhasil meraih trofi Liga Champions. Carragher telah mendengar langsung komentar Fergie tentang manajer Liverpool ini. "Dia punya sesuatu. Dia sangat percaya diri, "kata Sir Alex kepada Carragher seperti dilansir Skysports.com (2/6/19).

Kesan yang mendalam kekaguman Alex Ferguson sangat tulus kepada Klopp. Namun juga hal ini sekaligus menggambarkan tentang rasa khawatir bagi Manchester United dalam persaingan mereka di Premier League pada musim-musim mendatang.

Ketajaman dan insting sebagai seorang Manajer yang sukses sudah diperlihatkan Klopp ketika dirinya merekrut dua sosok di lini belakang Liverpool yaitu kiper Alisson Becker dan bek tengah Virgil van Dijk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2