Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Debut Pahit Ronaldo bersama Juventus di Liga Champions

20 September 2018   06:36 Diperbarui: 20 September 2018   17:05 2557 17 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Debut Pahit Ronaldo bersama Juventus di Liga Champions
Cristiano Ronaldo (Foto:AFP)

Semua orang terutama para Fans [La] Vecchia Signora sudah tidak sabar menantikan debut Ronaldo bersama Juventus berlaga di ajang Liga Champions Eropa. Waktu yang dinantikan pun tiba ketika Juventus bertandang ke Valencia dalam matchday pertama fase grup H pada Kamis (20/9) dini hari pk 02.00 WIB di Mestalla Valencia. Ronaldo turun ke lapangan melakukan debutnya bersama Juventus di Liga Champions.

Semua fans berharap banyak kepadanya mempersembahkan gol pertamanya di ajang ini. Namun yang terjadi adalah sebuah kartu merah dari Wasit Felix Brych. Kejadiannya berawal dari insiden di area penalti Valencia pada menit ke-29.

Striker asal Portugis itu bergumul dengan Jeison Murillo dan sebuah refleks Ronaldo meletakkan tangannya di kepala bek tengah Valencia tersebut. Asisten Wasit yang melihat hal itu langsung memberi sinyal untuk suatu pelanggaran. 

Felix Brych, wasit asal Jerman ini berkonsultasi dengan asistennya dan akhirnya memilih untuk memutuskan memberikan kartu merah. Ronaldo hanya mampu tercengang tidak percaya. Bintang Real Madrid yang pindah ke Juve pada musim panas ini menitikkan air mata saat dia meninggalkan lapangan.

Menurut catatan Skysports.com (20/9/18), ini adalah kartu merah pertama Ronaldo dalam 154 pertandingan Liga Champions. Catatan sejarah Ronaldo yang mengesankan yaitu sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa dengan 120 gol. Pemain berusia 33 tahun itu bergabung dengan Juventus awal musim ini dan mencetak dua gol pertamanya untuk Juventus pada akhir pekan lalu saat menang 2-1 atas Sassuolo di Serie A.

Ronaldo, Juventus (Foto express.co.uk)
Ronaldo, Juventus (Foto express.co.uk)
Kartu merah ini membuat Ronaldo kehilangan kesempatan bermain di Old Trafford untuk menghadapi mantan klub Manchester United dalam lanjutan laga fase grup H Liga Champions,  pada 23 Oktober, dan pertandingan di Turin pada 7 November 2018.

Disaksikan 46 ribu penonton di Stadion Mestalla, akhirnya Valencia memang harus mengakui keunggulan tamunya Si Nyonya Tua, Juventus dengan skor 0-2. Dua gol Juventus dicetak dari titik penalti oleh M Pjanic menit ke 45 dan 51.

Kemenangan ini membawa Juventus meraih 3 poin dan masih memimpin klasemen di grup H bersama Manchester United yang juga menang 3-0 atas tuan rumah BSC Young Boys Bern dalam matchday pertama ini .  

Bermain hanya dengan 10 pemain sejak menit ke-29 sejak Ronaldo dikartu merah, Juventus harus bekerja keras. Lini belakang mereka yang dibentengi duet bek tengah Bonucci dan Chiellini harus tetap kokoh menerima serangan tuan rumah Valencia.

Demikian pula Cancello dan Alex Sandro, dua full back mereka tetap siaga. Pada kondisi seperti ini sangat wajar Juventus harus mengakui dominasi permainan Valencia dengan keunggulan 54 persen.

Valencia juga unggul dengan 11 kali tendangan pojok dan Juventus hanya mendapatkan 2 kesempatan. Bonucci dan Chiellini harus melakukan 30 kali clearances terhadap serangan Valencia. Hal ini menunjukkan barisan belakang Juventus benar-benar bekerja keras. Sedikitnya ada 6 tendangan ke gawang Juventus yang berhasil diselamatkan oleh Wojciech Szczesny, penjaga gawang Juventus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x