Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Cuci Mata di Zurich, Kota Pusat Keuangan Dunia

9 November 2023   05:15 Diperbarui: 9 November 2023   19:36 1182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cuci mata di Zurich, kota pusat keuangan dunia | pemandangan kota Zurich dengan Sungai Limatt | foto: HennieOberst—

"Kita ngobrol di rumah dan leyeh-leyeh pun aku suka." Begitu sahabat saya mengatakan sebelum datang berkunjung. Dia mengerti, jadwal kedatangannya itu  sekitar semingguan setelah operasi kedua bahu saya. 

Tentu saya tidak setuju. Toh, saya baik-baik saja. Operasi kedua ini relatif ringan dibandingkan yang pertama Februari lalu. Dokter bilang, pemulihannya akan lebih cepat.

"Ke Salzburg, yuk!" Ucap sahabat saya. Perjalanan ke Salzburg dari rumah memakan waktu sekitar 4,5 sampai 5 jam, termasuk waktu berganti kereta. Kami akan menginap, tentunya. Hanya saja, akan diputuskan sesuai situasi. Ini kan slow travel, jadi semua berjalan dengan santai saja.

Ketika saya katakan Salzburg tempat kelahiran Wolfgang Amadeus Mozart, sahabat saya tertawa. Dia bilang, kota kelahiran Mozart sudah pernah dia kunjungi.  

Lalu, saya tawarkan untuk ke Zurich yang hanya "selemparan batu" jaraknya. Ternyata, teman saya belum pernah ke Swiss. 

Rencana ini saya sampaikan ke suami. Soal izin, suami saya paling pengertian. Dia selalu memberi ruang pada saya untuk menikmati "me time." Hal yang paling penting, dia mengetahui dengan siapa saya pergi dan ke tempat yang aman. 

Sahabat saya liburan sendirian, memanfaatkan liburannya untuk mengunjungi teman-temannya di Eropa, khususnya Jerman. Dia beserta suami dan anaknya pernah beberapa tahun tinggal di sini saat melanjutkan studi. 

Satu sudut indah Zurich | foto: HennieOberst 
Satu sudut indah Zurich | foto: HennieOberst 
Schengen dan pesona Zurich

Biar tidak lupa, saya langsung mengeluarkan paspor dan memasukkan ke dalam tas. Tanpa paspor, bisa-bisa saya ditolak masuk saat pemeriksaan di perbatasan negara.

Negara Swiss bukan anggota Uni Eropa, meskipun masuk dalam wilayah Schengen. Warga negara Jerman bisa memasuki negara Uni Eropa hanya dengan Personalausweis (KTP), tetapi ke negara bukan anggota Uni Eropa wajib membawa paspor. 

Schengen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun