Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Membuat Churros, Hidangan Manis dari Spanyol

18 Januari 2022   04:59 Diperbarui: 20 Januari 2022   11:45 2620 83 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Churros, Hidangan manis dari Spanyol | foto: HennieOberst—

Bagi pelancong yang pernah mengunjungi Spanyol pasti sangat akrab dengan jajanan churros. Makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu yang digoreng dalam minyak panas, seperti roti goreng.

Saat ini lebih gampang menikmati churros, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Spanyol karena di seluruh belahan dunia sudah mengenal makanan manis ini. Di pusat kota biasanya ada truk makanan yang menjajakan roti goreng ini.

Asal-usul churros

Konon, makanan manis ini adalah penemuan gembala Spanyol di wilayah Al-Andalus. Mereka memanggang adonan tepung, air, dan garam sebagai pengganti roti segar. Adonan churros saat ini umumnya ditambah telur dan butter.

Para penggembala menyukai makanan ini karena gampang dibuat dan dapat dimakan dalam keadaan dingin saat mereka menggembalakan ternaknya. 

Nama churros terinspirasi dari domba churra. Bentuk roti ini panjang dan bergerigi, menyerupai bentuk tanduk domba churra, ras domba dari Iberia.

[Al-Andalus merujuk seluruh bagian dari Semenanjung Iberia yang pernah dikuasai oleh orang Arab antara tahun 711 dan 1492. Terkadang ada yang menyamakan Al-Andalus dengan Andalusia. Sekarang ini, Andalusia adalah salah satu wilayah otonomi dari di Spanyol, dengan ibukota Sevilla/ Seville] --de.wikipedia.org--

Menu manis untuk sarapan

Sekitar tahun 1500-an kakao mulai dikenal di Eropa, dibawa oleh orang Spanyol dari benua Amerika. Churros kemudian tidak hanya dihidangkan dengan taburan gula dan bubuk kayu manis saja, tetapi juga dengan coklat panas. 

Menggoreng churros | foto: lecker.de
Menggoreng churros | foto: lecker.de

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan