Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Ketika Orang Tersayang Mendapat Julukan Nama Hewan

27 Januari 2021   05:32 Diperbarui: 28 Januari 2021   21:13 513 83 32 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Orang Tersayang Mendapat Julukan Nama Hewan
Ilustrasi Beruang kecil - foto: pixabay.com/Couleur 

"Bahasa cinta adalah bahasa rahasia" (Robert Musil)

Seorang sahabat saya sejak sekolah adalah penyayang kucing. Saking cinta dengan hewan ini, pria baik hati ini sering mengatakan dirinya adalah kucing. Maka kami, sebagai sahabatnya menyematkan julukan "kucing" untuk memanggilnya.  

Di Jerman, sangat sering didengar seseorang memanggil pasangan, atau anak-anaknya dengan nama hewan. Awalnya memang terdengar aneh dan lucu, terutama jika membayangkan binatang yang dijadikan julukan nama itu. Lucu karena belum terbiasa mendengar orang memanggil pasangan dan anak-anak mereka dengan nama hewan.

Kenalan saya, pasangan Jerman, sebut saja Anna dan Klaus. Anna selalu menyebut Klaus dengan "Maus" (tikus), terutama jika sedang membujuk dan bermanja-manja. Dalam hati saya bergumam, "Seorang lelaki gagah dipanggil tikus". Julukan ini bukan untuk lucu-lucuan, karena maus di sini dianggap sebagai penggambaran hewan yang terlihat pemalu, tetapi gesit dan cerdas. 

Julukan dengan nama hewan memang sangat umum dijumpai di Jerman. Namun, menurut ahli bahasa dari Cologne, Markus Lindlar, panggilan paling populer yang digunakan adalah "Schatz" (harta karun). Panggilan ini juga yang saya dan suami gunakan. Ya, memang panggilan mainstream, tetapi terdengar cukup unik, dan mengesankan bahwa seseorang yang kita panggil itu adalah sesuatu yang berharga, dan harus dijaga. 

"Yang cukup menarik, jika terjadi perselisihan di antara pasangan, mereka akan kembali memanggil dengan nama masing-masing. Nama panggilan tidak bekerja secara rasional, tetapi muncul dari situasi tertentu," begitu berdasarkan penuturan Lindlar.

Nama hewan tertentu yang digunakan sebagai panggilan sayang menunjukkan hubungan yang baik, keintiman emosional, dan kasih sayang antarpasangan. Seorang pria yang dipanggil dengan "Tiger" (harimau), dikaitkan dengan kucing besar yang perkasa, kira-kira sama dengan panggilan "Bär" (beruang). 

Pasangan yang baru saja saling mengenal, tentu harus hati-hati untuk memberikan panggilan sayang dengan menggunakan nama hewan untuk pasangannya. Lazimnya, memang setelah saling mengenal lebih dekat, maka julukan sayang ini bisa disematkan. Namun, jika masing-masing tidak menolak sejak awal sekalipun, nama julukan akan terdengar menyenangkan.

Julukan unik ini mengekspresikan banyak hal, kedekatan, kepercayaan, kasih sayang, dan juga humor, antara mereka berdua. 

Konon, setiap negara memiliki panggilan dengan nama-nama yang unik dan menggemaskan. Nama panggilan yang diberikan tidak hanya dengan menyematkan nama hewan, tetapi juga dengan nama makanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x