Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pentingnya Kita Aktif Menagih Hak sebagai Konsumen

18 Maret 2020   07:51 Diperbarui: 19 Maret 2020   09:37 221 58 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Kita Aktif Menagih Hak sebagai Konsumen
Foto: justynafaliszek/ pixabay

Membeli barang di masa sekarang ini menjadi lebih mudah dengan adanya toko online. Walaupun terkadang ada barang tertentu yang lebih baik dilakukan dengan membeli langsung ke tempat penjualannya.

Saya termasuk salah satu yang menyukai belanja online. Salah satu alasannya adalah hemat waktu dan transaksi bisa dilakukan kapan saja. Selain itu terkadang pilihan barang yang dicari lebih banyak tersedia online daripada di toko.

Jika melakukan pembelian online, biasanya selalu saya perhatikan apakah ongkos kirim dan retur barang gratis atau tidak. Barang-barang yang berasal dari luar negara anggota Uni Eropa tentu akan tinggi ongkos kirimnya.

Sekitar dua tahun lalu saya membeli satu headset untuk putri saya. Headset yang dia inginkan itu tidak saya dapatkan di toko yang biasa kami datangi. Modelnya berbentuk bando yang menyerupai kuping kelinci dan bisa menyala di tempat gelap. 

Di satu toko online akhirnya saya temukan barang yang diinginkannya. Barang yang berasal dari negara China dengan perwakilan penjualan di salah satu negara Uni Eropa. 

Setelah beberapa bulan digunakan ternyata satu sisinya patah. Walaupun fungsinya masih bagus, tetapi kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan digunakan lagi. 

Inilah salah satu ketidaknyamanan dan kemungkinan bisa dikatakan sebagai kerugian belanja online, mengajukan keluhan yang tidak bisa dilihat langsung. Harga barangnya memang relatif murah, tetapi kesal juga jika barang rusak, padahal belum lama digunakan.

Hak paling penting bagi konsumen salah satunya adalah penggantian atau perbaikan jika barang tersebut masih baru atau memiliki garansi.

Sayangnya saya tidak menyimpan kertas-kertas pembelian barang tersebut. Jika pun ada kartu garansinya, mungkin sudah terbuang dengan pembungkusnya. Tetapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba mengirimkan keluhan kepada penjualnya.

Maka saya mencoba mengirimkan email dan menceritakan bahwa pada tanggal sekian saya membeli headset, tetapi hanya beberapa bulan barang tersebut rusak. Saya lampirkan juga beberapa foto dari headset yang rusak tersebut.

Tidak disangka mereka sangat cepat menjawab email yang saya kirimkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x