Mohon tunggu...
Hennie Engglina
Hennie Engglina Mohon Tunggu... Freelancer - Pelajar Hidup

HEP

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Lihatlah Lukisan-lukisan Ini!

21 Juli 2018   22:26 Diperbarui: 11 November 2018   14:34 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WahyuIyout_2
WahyuIyout_2
WahyuIyout_3
WahyuIyout_3
WahyuIyout_4
WahyuIyout_4
WahyuIyout_5
WahyuIyout_5
WahyuIyout_6
WahyuIyout_6
WahyuIyout_7
WahyuIyout_7
Tadinya saya pikir ini hanya gambar biasa tidak berbeda dengan banyak gambar yang dibagikan di Facebook. Ternyata ini adalah lukisan tangan manusia menggunakan pencil steadler 6H,2 s/d 8B + pencil mekanik dan serbuk konte di atas kertas sketchbook. Sedangkan untuk karya berwarna menggunakan pencil Faber Castell Classic.

Lukisan-lukisan ini bisa tidak ada apa-apanya dari banyak lukisan lainnya yang pernah kita lihat apalagi bila dibandingkan dengan karya pelukis-pelukis besar. Tapi tentu saja adalah tidak fair untuk membandingkannya secara itu.

Ini juga bisa jauh dari sempurna, tapi bagi saya, bukan itu, melainkan adanya potensi positif anak bangsa yang dimiliki NKRI ini yang patut beroleh semangat sehingga potensi itu tidak mati terkubur seolah tidak pernah ada atau tidak menjadi sekadar hobi saja melainkan bisa terus diasah dan dikembangkan.

Dengan memberanikan diri, saya meminta ijin kepada pemilik lukisan-lukisan ini untuk membagikan karyanya di sini. Ini jawabannya saya copas persis seperti ditulisnya:

 Boleh K.. Tapi malu lah Ku ini.. wong bukan pelukis.. hanya sekedar turuti hobi saja.. dan Ku pun tak ada latar belakang pendidikan tentang seni rupa... Nanti kl ditanyain ini itu bingung lah aku ni K..

Setelah meyakinkan dia akan maksud saya, akhirnya ia berkenan. Saya boleh memilih foto karya lukisannya yang ada di album Facebooknya.

Lalu siapakah dia? Pria asli Gunungkidul Yogyakarta dan tinggal di Bogor, Jawa Barat ini bernama Wahyu Iyout.

Saya sendiri belum pernah bertemu muka dengan muka, tetapi pertemanan kami di Facebook telah berlangsung lama. Dari situlah saya melihat karya-karyanya yang sesekali dibagikannya.

Untuk Iyout, ini karya-karyamu. Kamu harus bangga memiliki bakat seni ini. Teruslah kembangkan itu. Ingatlah, bahwa para pelukis besar mengawali karyanya dengan biasa-biasa saja.

So, teruslah berkarya sebab dengan itu kamu ikut membangun negeri ini!

Salam, HEP.-

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun