Mohon tunggu...
Heni Prasetyorini
Heni Prasetyorini Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga Digital

Ibu Rumah Tangga Digital

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kelasku Digital Mulai Mengenalkan Coding untuk Anak di Surabaya

13 April 2019   13:45 Diperbarui: 13 April 2019   13:47 0 1 2 Mohon Tunggu...
Kelasku Digital Mulai Mengenalkan Coding untuk Anak di Surabaya
Heni Prasetyorini, Founder Kelasku Digital

Kelasku Digital Mulai di Surabaya (facebook.com/kelaskudigital)
Kelasku Digital Mulai di Surabaya (facebook.com/kelaskudigital)

Mengenalkan coding pada anak, apakah bisa? 

Di Surabaya, hal ini telah mulai dilakukan oleh Heni Prasetyorini, Presiden Komunitas Coding Mum Indonesia. 

Selain aktif sebagai pegiat literasi digital untuk ibu rumah tangga dan perempuan di Indonesia, Heni juga mencoba masuk ke dunia anak-anak. 

Motivasi utamanya adalah ingin memfasilitasi anak-anak untuk terbiasa menjadi KREATOR. 

Sudah dialami sendiri oleh Heni, bahwa anak millenial sekarang terbiasa menggunakan gadget, terpapar screen dan yang pasti lagi sangat suka bermain game digital dan game online. Heni juga mengalami kesulitan untuk mengarahkan kedua anak lelakinya yang suka sekali bermain game. Terutama untuk anak sulungnya, sekitar 10 tahun yang lalu, dia tidak menemukan kelas khusus untuk anak yang mengajarkan sesuatu dengan komputer tapi bukan sekadar materi biasa seperti mengetik dan menggambar. 

Bertemu dengan beberapa dosen pemrograman yang sebelumnya sudah punya pengalaman membuka kelas coding untuk anak, Heni memberanikan diri menjadi koordinator kelas belajar membuat game untuk anak di Surabaya. Galeri kegiatannya bisa dilihat di Facebook Kelasku Digital atau di Youtube


Untuk membuka kelas game programming untuk anak, memang akan selalu ada kendala. Misalnya anak bisa lebih banyak terpapar oleh layar atau overscreen dan itu bisa membahayakan kesehatan matanya. Hal ini juga menjadi perhatian oleh Heni, sehingga terus melakukan konsultasi kepada orang ahli baik itu dari Game Development, Computational Thinking, Teknologi Pendidikan dan juga perkembangan anak (parenting).

Saat ini Heni, masih disibukkan dengan menjadi student di program Apple Developer Academy 2019 di Universitas Ciputra Surabaya. Heni berharap dari program ini, dia bisa mendapatkan input yang sangat bagus untuk lebih mengembangkan Kelasku Digital menjadi lebih baik lagi. 

Heni bisa dihubungi di instagramnya @heniprasetyorini