Mohon tunggu...
Hengky Fanggian
Hengky Fanggian Mohon Tunggu... Wiraswasta -

There Must be a Balance Between What You Read and You What Write

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Akankah Islam Berhasil Menaklukkan Eropa?

13 Februari 2018   03:00 Diperbarui: 13 Februari 2018   10:53 611
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Para rekan, rasanya sudah lama dari saat saya menjanjikan akan membuat ulasan tentang topik "Akankah Islam Berhasil Menaklukan Eropa". Akhirnya setelah sibuk studi literatur yg cukup panjang dan melelahkan, barulah topik tersebut dapat tergarap.

Mengingat topik tersebut cukup panjang maka saya jadikan dalam bentuk Trilogi. Bagian pertama berkisah tentang perjuangan Invasi Kekhalifahan yg semestinya di atas kertas harusnya berhasil, namun rupanya Tuhan berkehendak lain. Itulah momen terpenting bagi Eropa maupun Dunia Kekristenan.

Nah bagian kedua berkisah tentang peristiwa 911 alias peristiwa 11 September, tentu yang saya maksud disini adalah 911 asli, bukan 911nya Osama bin Laden yg tak lebih dari sekedar luapan perasaan kekesalannya atas peristiwa 911 asli yg menentukan jalannya "Kekhalifahan Islam" untuk masa selanjutnya, bahkan hingga kini.

Bagian ketiga alias penutup adalah tentang perjuangan untuk menaklukkan Eropa dengan cara "Damai" alias "Demokratis" alias bukan lewat invasi. Meski dengan cara damai namun sebetulnya ini menarik dan pelik. Disitu saya kupas dengan cukup mendalam kenapa hal tsb hampir dapat dipastikan akan berhasil, kenapa sulit sekali ada cara atau upaya mengelakkan "takdir" tsb.

Meski caranya adalah secara damai namun saya mengatakan bahwa itu adalah suatu pertaruhan besar, yakni pertaruhan agama. Betulkah suatu agama sungguh dipertaruhkan dalam merebut benua Eropa, menurut saya "Ya demikian", namun bila rekan mempunya pandangan lain maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari para rekan.

Mengingat topik-topik tsb di atas sarat dengan gambar dokumentasi maka saya berinisiatip untuk menuangkannya dalam bentuk Audio Visual. Untuk mengaksesnya, tinggal rekan klik link di bawah ini. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatian rekan-rekan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun