Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... Administrasi - Travelers

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Enaknya Kue Sengkulun, Makanan Tradisional yang Jarang Dikenal

9 Juli 2019   06:30 Diperbarui: 9 Juli 2019   06:51 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dapur Fatmawati/ Sengkulun salah satu makanan tradisional yang mulai hilang tergerus kemajuan jaman

Jika ditanya apa makanan paling enak? Tentu akan saya jawa "semuanya enak!"

Tapi ada satu makanan yang enak tetapi sulit sekali di cari, namanya Kue Sengkulun. Untuk menikmati kue sengkulun mau tidak mau harus membuat sendiri. 

Tapi aku sendiri belum bisa membuat sendiri, jadi ak harus menunggu Nenek ku yang membuat. Itu artinya ak harus menunggu setiap kali datang lebaran ketika mudik ke kampung halaman di Jawa Tengah baru bisa menikmati kue Sengkulun ini.

Sengkulun merupakan makanan khas daerah jawa tengah yang berbahan dasar tepung beras ketan putih, santan serta parutan kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan manis yang enak. Tidak jarang disajikan warna-warni sehingga terlihat indah. 

Dirujuk dari wikipedia.org bahwa Kue Sengkulun juga dapat ditemui di daerah selain jawa tengah. Di Palembang Sengkulun dikenal dengan "Kue Jando Berias" serta di Banka dikenal dengan "Sengkolun."

Sensasi rasa manis dan gurih dari campuran tepung beras ketan di padu dengan kelapa serta gula bila diingat-ingat jadi tidak sabar untuk segera kembali ke kampung halaman dan berharap nenek telah membuatkan kue sengkulun untuk ku. Namun, saya pikir itu terlalu lama untuk menunggu waktu lebaran tiba. 

Saya pun memutuskan untuk mencoba membuat sengkulun sendiri, Meskipun tidak yakin akan rasanya saya tetap mencoba dulu yang penting rajin.

Beruntung sekali saya melalui media youtbe saya menemukan panduan membuat sengkulun yang di upload oleh akun bernama Dapur Fatmawati. Mengikuti langkah demi langkah yang diinstruksikan kue Sengkulunpun bisa dibuat. 

Nah untuk rekan kompasiana lainya, apabila penasaran dengan senkulun saya akan bagikan link dari Dapur Fatmawati supaya dapat membuat kue ini dirumah masing-masing.


Demikian ulasan dari saya, salam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun