Mohon tunggu...
Hendy setiawan
Hendy setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Nurul Huda

“Saya adalah mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Nurul Huda yang memiliki minat pada teknologi, inovasi digital, dan pengembangan masyarakat. Melalui tulisan dan kegiatan pengabdian, saya berusaha mengangkat potensi lokal, khususnya UMKM, agar mampu bersaing di era digital. Saya percaya bahwa teknologi bukan hanya soal perangkat, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberdayakan masyarakat. Di Kompasiana, saya menulis seputar pendidikan, teknologi, serta kisah inspiratif dari desa.”

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Mahasiswa Universitas Nurul Huda Branding UMKM Pawon Mbah Sumi Di OKUT

31 Agustus 2025   21:01 Diperbarui: 31 Agustus 2025   21:08 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

OKU Timur, 30 Agustus 2025 – Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Nurul Huda melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus pada branding UMKM Pawon Mbah Sumi yang berlokasi di Desa Margodadi, OKU Timur.

UMKM ini dikenal memproduksi jajanan tradisional khas Nusantara seperti getuk, cenil, klepon, gretolan jagung, hingga gatot. Sebelumnya, usaha masih berjalan secara sederhana tanpa identitas usaha yang jelas serta minim promosi. Melihat kondisi tersebut, mahasiswa melaksanakan program kerja mandiri dengan tujuan memperkuat branding dan pemasaran digital.Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari analisis kebutuhan UMKM, pembuatan desain logo, pembuatan dan pemasangan banner, hingga pembuatan akun Instagram bisnis. Selain itu, dokumentasi produk juga dilakukan untuk menunjang publikasi usaha di media sosial.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa UMKM Pawon Mbah Sumi kini memiliki identitas visual berupa logo dan banner. Selain itu, akun Instagram bisnis dengan nama @pawonmbahsumi berhasil dibuat sebagai sarana promosi digital. Produk juga difoto dengan kemasan lebih menarik sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen.

gambar 2 pemasangan banner pawon mbah sumi
gambar 2 pemasangan banner pawon mbah sumi

Dengan adanya branding baru ini, UMKM Pawon Mbah Sumi diharapkan lebih siap bersaing di era digital serta memperluas jangkauan pasar. Mahasiswa pengabdi juga memberikan saran agar pengelola UMKM terus mengembangkan konten promosi digital dan memperkuat strategi pemasaran online.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun