Mohon tunggu...
Hendro Septiawan
Hendro Septiawan Mohon Tunggu... -

Pembelajar yang ingin selalu meningkatkan potensi diri.

Selanjutnya

Tutup

Muda

Langkah Kecil Mewujudkan Generasi Bangsa yang Cerdas dan Sehat

7 September 2016   11:59 Diperbarui: 7 September 2016   14:36 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tanggal 1 dan 2 April 2016 yang lalu, Tanoto Scholars Association Universitas Mulawarman, yaitu para penerima beasiswa Tanoto Foundation dari Universitas Mulawarman, melaksanakan program kerja TSA Mulawarman Peduli Kesehatan di desa Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Kegiatan Peduli Kesehatan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ini dilaksanakan di 3 Sekolah, yaitu SDN 017 Sepaku, SMP Muhammadiyah 1 PPU, dan SMKN 1 PPU, dengan total peserta 449 orang.

Pada hari pertama, sosialisasi dilaksanakan di SDN 017 Sepaku dengan mengusung tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tidak hanya sosialisasi, kegiatan ini juga dibarengi dengan praktik senam cuci tangan dan praktik menyikat gigi dengan baik dan benar yang dilaksanakan di halaman SDN 017 Sepaku. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul delapan pagi ini diakhiri dengan pemilihan tiga orang Duta Kebersihan dan Kesehatan SDN 017 Sepaku di mana peran para duta kecil ini adalah sebagai pelopor inspirasi untuk selalu hidup bersih dan sehat, terutama di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga disertai degan pembagian hadiah kepada peserta yang terlibat aktif selama sosialisasi berlangsung dan peyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan siswa/siswi SDN 017 Sepaku, serta penyerahan cinderamata kepada pihak seolah.

Hari kedua , sosialisasi dilaksanakan di dua sekolah sekaligus dengan mengusung tema Dampak Kenakalan Remaja (berkaitan dengan kesehatan). Pukul 08.00-09.45 WITA, sosialisasi dilaksanakan SMP Muhammadiyah 1 PPU, dan dilanjutkan pada pukul 10.00-12.00 WITA di SMKN 1 PPU. Kegiatan sosialisasi disambut positif oleh para siswa, terbukti dengan antusiasme mereka saat sesi tanya jawab. Kegiatan kembali diakhiri dengan pembagian hadiah kepada peserta yang aktif dan penyerahan sertifikat secara simbolis, serta penyerahan cinderamata kepada pihak sekolah.

“Terimakasih kepada kakak-kakak TSA Mulawarman yang sudah mengadakan sosialisasi di sekolah kami. Saya dan teman-teman berharap semoga lain waktu TSA Mulawarman bisa kembali membagi ilmu bersama kami di sini”, ungkap Noor, salah seorang siswi SMP Muhammadiyah 1 PPU.

TSA Mulawarman Peduli Kesehatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan kesadaran kepada pada pelajar sekolah dasar mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat, serta menghimbau para pelajar sekolah menengah agar dapat menghindari segala bentuk kenakalan remaja yang dapat memberi dampak negatif baik bagi kondisi fisik maupun psikis, serta masa depan mereka.

Di sisi lain, kegiatan ini banyak memberikan pembelajaran bagi kami. Kami belajar mengelola waktu di sela-sela kesibukan kuliah, juga belajar bekerjasama dalam sebuah tim, serta mengasah kepercayaan diri kami saat berbicara di depan umum. Kegiatan belajar dalam berbagai kesempatan ini terinspirasi dari pendiri Tanoto Foundation, yaitu Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, dimana beliau berdua selalu menerapkan nilai-nilai continuous learning dalam kehidupannya.

Mohon tunggu...

Lihat Muda Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan