Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Film

Review Film Hantu Baru: Horor Komedi yang Absurd Tapi Kocak

24 Maret 2023   23:01 Diperbarui: 24 Maret 2023   23:05 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:instagram.com/hantubaru.film 

SUDUTPLAMBON.COM-Film Hantu Baru, produksi Keena Entertainment bergenre horor komedi yang tayang di bioskop pada 23 Maret 2023, disutradarai oleh Adink Liwutang. Film ini menampilkan aktor dan aktris seperti Rezky Adhitya, Acha Septriasa, Celvin Jeremy, Sujiwo Tejo dan lain-lain. Ini merupakan film perdana yang diproduksi oleh Keena Entertainment. 

Film ini mengisahkan  tentang Sasa (Acha Septriasa) dan calon suaminya (Rezky Adhitya) yang tak dapat menikah karena kecelakaan  yang dialami oleh Sasa, sehingga membuatnya tewas. Arwahnya dipercaya masih bersarang di sekitar keluarganya dan calon suaminya tersebut. 

Sasa sekarang tinggal di dunia lain dan telah menjadi entitas hantu yang sering mengunjungi keluarganya. Karena masih tergolong baru, maka Sasa disebut sebagai hantu baru. 

Sasa mencari banyak petunjuk dari para ahli bagaimana cara mencapai kedamaian di dalam hidupnya yang baru. Film ini merupakan salah satu film komedi terbaik yang pernah ada, akan tetapi jika dilihat masih ada beberapa kekurangan dan keabsurdan dari film ini. Misalkan hantu yang bisa mimisan, kemudian hantu yang bisa googling untuk belajar dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya yang menarik dari film ini bukan adegan yang ditunjukkan oleh pemeran utama yakni Salsa, namun adegan dari peran duo Totos Rasiti dan Arif Didu (Eyang Bowo dan Pakde Borjong) yang merupakan hantu senior. 

Humor mengalir melalui dialog kedua duo tersebut, meningkatkan suasana dan mengurangi konflik yang terjadi. Interaksi antar anggota keluarga, termasuk Sasa dan adik-adiknya serta Mbak Nana yang telah dianggap sebagai bagian dari keluarga, terasa hangat dan alami.

Dari sini terlihat bahwa karakter Eyang Bowo dan Pakde Borjong merupakan urat nadi dan nafas yang menghidupkan jalan cerita film ini, sehingga tidak membosankan dan sangat menghibur. 

Dalam film ini, ada scene yang sangat menarik yakni interaksi antara Eyang Bowo dan Pakde Borjong dengan penonton. Sedangkan scene yang menunjukkan Salsa dan Hadi terlalu banyak basa-basi yang akhirnya membuat penonton bosan. 

Keunggulan dari film ini terletak pada komedi yang segar dan mengocok perut, terutama para figuran yang ditampilkan merupakan para komedian seperti Arif Brata dan Yewen. Penampilan Yewen yang hanya sekitar semenit sungguh menghipnotis para penonton dengan lawakannya. Seisi bioskop tertawa terpingkal-pingkal dan pecah lantaran lawakan  yang dikeluarkan oleh Yewen yang berperan sebagai penjual sekuteng. 

Di akhir film juga muncul sosok dukun yang diperankan oleh Sujowo Tejo. Dari segi pengambilan gambar boleh dikatakan bagus dan akting para aktor sangat bagus. Namun sayangnya, visual efek masih buruk terutama dalam make up hantu yang terlihat biasa saja. Selain itu, karakter hantu dalam film ini terbilang tidak menarik sama sekali. 

Walau begitu, film Hantu Baru sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin nonton bareng keluarga karena cerita dalam film ini banyak sekali mengandung kehidupan kebersamaan dalam keluarga.

Tonton sekarang juga!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun