Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Dilarang menayangkan ulang artikel baik seluruh maupun sebagian tanpa izin penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Langkah-Langkah Penelitian bagi Mahasiswa Menyusun Karya Tulis Ilmiah

5 Juli 2022   23:21 Diperbarui: 9 Juli 2022   13:15 1168 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menulis dan meneliti bagi seorang mahasiswa tidak dapat dilepas pisahkan dalam proses studinya. Mahasiswa dituntut mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari agar ilmu tersebut bisa dimanfaatkan lebih luas. 

Oleh sebab itu, dilakukanlah penelitian agar menemukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ditemukan di tengah kehidupan. 

Sebelum membuat laporan berupa karya tulis ilmiah, baik itu berupa makalah/paper hasil pembahasan dari buku-buku, jurnal penelitian, skripsi, tesis dan disertasi, maka terlebih dahulu kita perlu melakukan penelitian untuk mencari jawaban dari hipotesis yang kita temukan. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam melakukan penelitian, antara lain:

Mengidentifikasi Masalah

Langkah pertama sebelum kamu melakukan penelitian yaitu menentukan topik dan tema dari penelitian yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu. 

Dalam menentukan topik dan tema penelitian, kamu perlu memperhatikan disiplin ilmu yang kamu miliki. Artinya, topik yang hendak dipilih haruslah mengarah pada ruang lingkup dan bidang disiplin ilmu yang dimiliki oleh kamu. 

Selanjutnya, topik penelitian yang kamu pilih haruslah berkaitan dengan garis pembahasan yang bersifat spesifik.

Setelah kamu menentukan topik dan tema, maka langkah berikutnya adalah temukan dan identifikasi masalah. Identifikasi masalah adalah bagaimana kamu mengidentifikasi suatu masalah penelitian sebagai upaya dalam menjelaskan masalah dan membuat penjelasan yang bisa diukur. Identifikasi masalah merupakan langkah awal kamu sebagai peneliti.

Sebagai contoh, di dekat rumahmu ada pohon pisang. Akan tetapi, jika dilihat pohon pisang yang berada dekat dengan kandang ayam terlihat subur dan berbuah lebat dibandingkan dengan pohon pisang yang berada jauh dari kandang ayam hidupnya biasa-biasa saja. 

Dari fenomena ini, kamu perlu mengidentifikasi masalah tersebut untuk bisa melakukan penelitian terkait dengan apa  penyebab sehingga kedua pohon pisang tersebut tumbuh berbeda-beda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan