Mohon tunggu...
Hendra wattimena
Hendra wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa program studi perencanaan wilayah dan kota fakultas teknik universitas pattimura

"Menulis Untuk Kehidupan, Kehidupan Untuk Menulis"

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kenikmatan dari Setiap Gigitan Pisang Santang

7 Maret 2021   19:34 Diperbarui: 17 Maret 2021   04:28 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenikmatan dari Setiap Gigitan Pisang Santang
Sumber: Dokumen Pribadi

Pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang buahnya dapat dimakan, berbagi olahan makanan dapat disulap dari bahan dasar buah pisang, mulai dari keripik hinga berbagi macam aneka kue.

Tapi apakah anda suda pernah menikmati olahan makanan yang satu ini? olahan makanan yang dibuat dari bahan dasar pisang, makanan ini berasal dari Maluku, kenikmatan dari makanan ini melebihi makanan-makanan lezat yang anda nikmati di restoran mahal. 

Nama makanan ini adalah pisang santan, pisang santan merupakan perpaduan antara pisang dan santan kelapa kemudian di masak. Cara membuat pisang santan cukup muda anda hanya perlu menyiapkan pisang yang hampir masak atau mengkal, kemudian siapkan kelapa secukupnya, jika pisangnya banyak diharapkan kelapa harus lebih banyak dari pisang agar aroma dan cita rasanya semakin nikmat. 

Kemudian kelapa yang sudah ada di parut hinga halus, dan diambil santanya kemudian pisang dikupas dan dicuci bersih setelah itu dimasukan dalam panci dan direbus bersama santan yang suda diremas tadi, tambahkan juga daun pandan agar lebih wangi dan mengoda selera, tunggu hinga suda masak kemudian diangkat dan selamat menikmati.

Pisang santan biasanya dimakan  menggantikan nasi, menikmati pisng santan biasanya ditemani dengan ikan bakar atau yang lebih nikmat dengan kalora atau koho-koho, yaitu ikan mentah kemudian di bersikan  dan dilumuri garam secukupnya dihancur-hanurkan dengan tangan, kemudian diremas-remas dan tambahkan cuka secukupnya diamkan beberapa menit agar benar-benar meresap, setelah itu dicampurkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti cili, bawang merah dan putih, kemudian di campur hinga merata, ikan tidak perlu dimasak cukup dibuat seperti itu yang terpenting harus di campurkan garam dan direndaam kedalam larutan cuka, setelah semuanya suda anda tinggal tambahkan bumbu penyedap rasa  dan daun kemangi, setelah itu tinggal anda nikmati bersama pisang santan.

 Saya jamin anda akan merasakan kenikmatan yang belum pernah anda nikmati. Silakan mencoba

VIDEO PILIHAN