Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Membingkai peristiwa untuk menemukan makna. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Masa Bodoh Membodohi Pembaca

28 Februari 2021   16:30 Diperbarui: 28 Februari 2021   16:41 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com

Ah, media...
Kenapa seringkali kaubuat kebiasaan buruk
Membuat judul-judul yang tak masuk akal
Judul nakal dan terkesan asal
Apa sih tujuannya
Cuma ingin mengundang rasa penasaran orang
Biar artikelmu itu dibaca
Laris manis begitu?!

Dungu itu
Kau hanya memainkan kata
Kau tak bisa memberikan pencerdasan namanya
Justru kau sedang menpermain-mainkan
Kau mengelabuhi
Kau tidak jujur

Maaf aku tak tak mau ikut-ikutan seperti itu
Itu hanya akan merugikan diriku sendiri


Memang sekali waktu saja aku pernah ingin begitu
Tapi aku tak mau terus meniru gayamu
Membuat judul yang fantastis
Judul yang terasa manis
Judul yang amboi
Judul yang memikat
Judul yang bombastis

Itu mungkin berguna
Ya... tapi cuma sesaat
Setelahnya orang yang setia membaca tulisanmu
Mereka yang sudah menaruh rasa percaya pada kualitas tulisanmu
Lambat laun mereka akan meninggalkanmu

Lalu apa untungnya itu
Cuma sesaat
Cuma sementara saja
Kau bisa menikmati kesenangan itu
Tulisanmu dikunjungi banyak orang
Ramai bin riuh

Tapi selepas itu
Masih bisakah kau bahagia
Dengan tulisan-tulisan ala kadarnya
Cuma buat rating miring

Ah, jangan paksa aku mengikuti caramu
Walau mungkin sesekali aku tergoda melakukan itu
Tapi itu bukanlah sampah kata
Itu hanya inti cerita semata

Jangan biarkan aku jatuh
Pada kekonyolan yang kau tawarkan
Aku tak mau
Biarkan aku menulis dengan caraku
Menulis yang bisa membuatku bahagia
Pun begitu dengan mereka yang mau membacanya
Kukabarkan warta
Agar ada kebahagiaan bersama
Di antara kita

28 Februari 2021

Hendra Setiawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun