Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Jelajah Sejarah dari Villa "Pinggir Kali"

26 November 2020   19:47 Diperbarui: 26 November 2020   19:51 71 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jelajah Sejarah dari Villa "Pinggir Kali"
Museum Pendidikan Surabaya dilihat dari sisi belakang (dok. pribadi)

Meskipun kerapkali dilewati, baru tahu kalau di Surabaya ada sebuah bangunan yang cukup eksotik berupa villa. Namanya cukup keren. Bangunannya besar, tinggi menjulang. Membayangkan kala kembali ke masa 1900-an, kala gedung ini dibangun.

"Girli" alias pinggir kali. Bahasa Inggrisnya riverside. Bahasa Belandanya rivierzicht.

Villa Rivierzicht. Begitulah namanya. Letaknya berada di tepian sungai Kalimas Surabaya. Bersebelahan persis dengan kompleks Taman Ekspresi.

Keseluruhan bangunannya bercat putih bersih. Jendela kayu yang lebar khas bangunan kolonial, serta lantai kuno bermotif masih dipertahankan bentuknya.

Pohon Trembesi tua yang menjulang tinggi di atas atap gedung seakan  tak tersentuh. Dibiarkan tetap rindang, memayungi bagian belakang gedung.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun bangunan kolonial (dibangun 1910-1913) di jalan Gentengkali 10 Surabaya ini sempat digunakan oleh Perguruan Taman Siswa, tetapi kemudian mangkrak.

Dok Google Street View| Tangkapan layar dokpri
Dok Google Street View| Tangkapan layar dokpri
Pemerintah Kota Surabaya lewat surat keputusan Kementerian Keuangan Nomor 96/KM.6/2019 tentang penyelesaian Status Kepemilikan Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa, akhirnya mengubah eks SMP/SMA Taman Siswa menjadi Museum Pendidikan.

Peresmian museum dilaksanakan tepat pada peringatan hari Guru Nasional, 25 November 2019 oleh Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya.

Adapun isi dari bangunan utama museum “Villa Rivierzicht” ini terdapat beberapa kamar dan dilengkapi dengan berbagai benda sejarah.

Liputan6.com dan Dokpri
Liputan6.com dan Dokpri
Ada sekitar 860 benda koleksi. Antara lain dikelompokkan dalam historika, filologika, heraldika, etnografikia, keramologika, dan technologika.

Alur museum diatur berdasarkan konsep storyline periodesasi masa dinamika pendidikan di Indonesia, dengan mengkomunikasikan koleksi dalam konteks museologi. Alur museum terbagi menjadi masa pra-aksara, masa klasik, masa kolonial dan masa kemerdekaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN