Muda

Kuliah untuk Kerja? Atau Kerja untuk Kuliah?

12 Agustus 2017   11:37 Diperbarui: 12 Agustus 2017   11:43 129 0 0

Menentukan langkah selanjutnya setelah lulus sekolah adalah hal yang akan dihadapi ketika lulus nanti. Kuliah ataupun kerja adalah pilihan yang harus dipilih. Kuliah memang sangat penting untuk mendapatkan gelar yang nantinya akan diperhitungkan pada saat mencari pekerjaan. Tapi, kerja juga tak kalah pentingnya. Toh, kalau ditanya kita kuliah tujuannya apa? Ya, buat cari kerja.  

Tapiii... Pendidikan itu sangat penting, apalagi memasuki era modern seperti sekarang ini. Dengan pendididkam akan memberikan pengetahuan, membangun karakter, memberikan pencerahan, untuk karir/pekerjaan, dan dapat membantu kemajuan bangsa.

Namun, kuliah itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kita harus mempunyai cukup uang untuk mewujudkan mimpi berkuliah, apalagi kalau tujuan kita adalah Universitas yang terkemuka.

Bagaimana cara mendapatkan cukup uang? Apalagi untuk kalian yang tidak ingin membebani orang tua. Ya bekerja adalah salah satu caranya.

Dengan bekerja, kita bisa mendapatkan uang untuk membiayai kuliah. Dan dengan kuliah kita bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan dan bisa jadi hidup lebih baik kedepannya.

Tapi, tak semua orang bisa menjalani antara kuliah dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Konsekuensi yang tak pernah mudah membuat salah satunya kadang harus dikorbankan.

Hidup adalah pilihan. Semuanya tergantung situasi dan kondisi.

Lalu, apa pilihan kalian saat ini?