Mohon tunggu...
Bahasa

Generasi Penerus Bangsa Indonesia

31 Oktober 2018   02:15 Diperbarui: 31 Oktober 2018   02:18 2123 0 0 Mohon Tunggu...

Keadaan dan aktivitas pemuda banyak berpengaruh terhadap keadaan lingkungan, alam dan kemasyarakatan. Dengan kata lain keadaan lingkungan, alam dan kemasyarakatan tergantung dari keadaan dan aktivitas para pemuda nya. Oleh karena itu, pemuda memegang peran dan tanggung jawab yang sangat besar dalam kehidupan ini.  Pemuda merupakan bagian dari masyarakat yang sangat berperan penting. Oleh sebab itu mereka sangat berperan penting dalam mengurus dan menjalankan kelangsungan kehidupan di masyarakat.

Dalam hal seperti ini pemuda di tuntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan. Selain itu, pemuda juga harus memiliki moral dan kelakuan yang baik serta memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk menjalankan kelangsungan kehidupan mereka nanti dan kehidupan di masyarakat.

Masa depan bangsa Indonesia sangatlah di tentukan oleh para generasi muda bangsa ini. Oleh karena itu masa depan bangsa ini sangat tergantung dari pemuda nya, jika para pemuda Indonesia tumbuh dan berkembang dengan baik maka bangsa Indonesia ini kelak akan menjadi bangsa yang maju dan melahirkan generasi generasi penerus bangsa yang baik pula, sebaliknya pun begitu. Pemuda Indonesia adalah masa depan bangsa ini atau yang sering kita dengar dalam perayaan sumpah pemuda yaitu "Pemuda adalah tulang punggung negara". Karena itu setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya, mereka semua merupakan faktor yang sangat penting yang dapat diandalkan oleh bangsa Indonesia sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, dan dapat mewujudkan cita cita bangsa. 

Dalam upaya mewujudkan cita cita bangsa tentu mereka akan menghadapi banyak permasalah, rintangan, cobaan bahkan ancaman. Masalah yang harus mereka hadapi sangatlah beraneka ragam. Baik masalah yang timbul saat ini maupun masalah yang timbul di masa depan negara kita. 

Dengan adanya masalah ini penting bagi masyarakat Idonesia terutama para pemuda atau para generasi penerus bangsa dan mahasiswa untuk membebaskan diri dalam meningkatkan dan memperbaiki problem problem yang ada di Indosesia.

Generasi muda adalah generasi harapan bangsa. pernyataan ini akan menjadi kebanggan masyarakat  indonesia apabila dapat menjadi kenyataan. akan tetapi faktanya membuktikan bahwa generasi pemuda di Indonesia saat ini cenderung mengkhawatirkan perilakunya bagi masa depan. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya kasus kasus yang telah terjadi, seperti, narkoba, kejahatan, pencurian, pergaulan bebas dan lain lain. Peranan pemuda dan mahasiswa tentunya sangat di perlukan untuk mewujudkan cita cita bangsa ini. Indonesia butuh pemuda yang baik, loyal, dan bertanggung jawab. Indonesia membutuhkan pemuda yang tidak hanya omong kosong tetapi pemuda yang dapat bertanggung jawab dari setiap kata yang mereka ucapkan dan setiap pekerjaan yg mereka lakukan. Maka dari itu, kita sebagai pemuda Indonesia, marilah kita kembali dari diri kita sendiri, pantas kan kita menjadi pemuda penerus bangsa? maukah kita menjadi penerus bangsa? dan siiapkah kita menjadi pemuda penerus bangsa? cara nya kita mulai dari hal hal yang kecil terlebih dahulu, seperti bertanggung jawab dengan pekerjaan pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, atau dapat bertanggung jawab dengan perkatakan yang pernah kita lontarkan, atau dengan kata lain kita dapat membuktikan semua yg kita kerjakan, dengan hal kecil itulah kita bisa membangun kepercayaan orang lain kepada kita semua. 

Jadi yang paling penting adalah kesadaran kita sendiri. Tanpa kesadaran diri kita sendiri, upaya yang kita lakukan akan sia sia. Oleh karena itu mari kita bersama sama berusaha menjadi pemuda Indonesia yang lebih baik, yang dapat menjadi generasi penerus bangsa yang baik, yang sadar dan yang dapat bertanggung jawab.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x