Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Penasaran Menanam Okra

29 Juli 2020   02:44 Diperbarui: 29 Juli 2020   02:33 44 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penasaran Menanam Okra
Sumber gambar : 8villages.com

Gegara ngobrol di grup WA alumni kos-kosan tentang berkebun, ada yang nawari bibit okra. Dan aku sama sekali belum tahu apa sih okra itu. Tapi aku sudah mengiyakan kalau aku mau bibit okra. Belum tahu apa aku nanti berhasil menumbuhkannya atau tidak, yang penting punya bibit dulu. Kalau sudah punya kan bisa dicoba dong. Akhirnya bibitnya datang lewat kiriman. Dan aku mulai deh cari-cari tentang apa itu okra.

Memang okra ini belum dikenal banyak di Indonesia, jadi kalau ada yang menyebutkan okra pasti dahinya berkerut termasuk diriku. Jadi lebih ke penasaran juga apalagi katanya bisa untuk sayur dan kaya manfaat. Okra ini juga suka disebut dengan lady finger dan tumbuh di iklim tropis sehingga cocok ditanam di Indonesia. 

Batangnya berwarna hijau kemerahan dan ada sedikit percabangan dengan bulu-bulu halus. Tinggi batang bisa mencapai 1-2 meter dan bersifat lunak. Bentuk daun melebar dan menjari dengan tulang daun menyirip.Bentuk bunganya seperti teropmpet dan berwarna kuning dengan bagian bawahnya berwarna merah. 

Ternyata tanaman okra ini banyak memproduksi bunga. Dalam satu ujung batang bisa menghasilkan 10 bunga okra. Bunga okra ini muncul dari ketiak daun dan memiliki 5 kelopak bunga. Bentuk buahnya bentuk silindris , memanjang dan berongga. Warnanya bervariasi tergantung dengan varietasnya seperti hijau, hijau tua atau hijau kekuningan. Panjang buahnya sekitar 15-20 cm dan saat dipotong akan terlihat bijinya di bagian dalamnya.

Tadi sudah disebutkan kalau okra ini punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita seperti

  • Mengobati anemia. Hal ini karena okra bisa membantu produkis sel darah merah.
  • Anti kanker. Ada antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas
  • Asma. Ada antioksidan dan vitamin C yang bisa mengurangi asma
  • Untuk tulang. Hal ini karena okra ada folat yang bisa menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Untuk kolesterol
  • Buat kosntipasi. Karena banyak serat dan lendirnya yang memudahkan untuk BAB
  • Diabetes. Sifat alaminya bisa menurunkan kadar gula
  • Untuk mata. Hal ini karena kandungan beta karotin, xanthin, luetin yang bagus untuk kesehatan mata.

Banyak juga kan manfaat yang bisa diambil dari sayuran okra ini. Tanaman okra ini bisa loh ditanam dalam pot. Justru karena bisa ditanam di pot, makanya aku tertarik untuk menanamnya.Karena hanya punya halaman belakang yang bisa digunakan untuk menanam okra ini . Dan okra ini termasuk tanaman yang daya tahannya kuat.Jadi cara menanam okra di dalam pot

  • Menyediakan tanah dengan kompos. Kebetulan aku punya kompos yang berasal dari kotoran hewan.
  • Biji direndam dulu semalaman. Yang terapung itu menandakan biji kurang bagus
  • Kemudian ditanam di pot yang sudah diisi tanah dan kompos sedalam kira-kira 1-2 cm. Kecambah muncul sekitar 6-21 hari.
  • Untuk penyiraman tergantung kondisi tanah. Kalau kering ya disiram setiap hari kalau basah cukup dua kali dalam seminggu.
  • Bila terserang hama pakai saja insektisida.
  • Pannen dilakukan setelah tanaman berusia 2 bulan. Sebetulnya enak dimakan sebelum tua sekali. Dan panen bisa dilakukan 2 hari sekali.

Tanaman okra ini ada dua jenis yaitu okra hijau dan okra merah. Okra merah dimana podnya berwarna merah sedangkan okra hijau dimana podnya berwarna hijau. Dan kandungan gizi yang terdapat dalam tanaamn okra ini per 100 gram (gr) okra meliputi 33 kalori, hampir 8 gr karbohidrat, sekitar 2 gram protein, dan 3,2 gram serat. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba menanam tanaman okra ini. Sekarang sudah mulai ditanam dan tinggal menunggu hasilnya. Doakan ya semoga okranya bisa tumbuh subur dan bisa menghasilkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x