Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Malam Takbir

15 Mei 2020   02:18 Diperbarui: 15 Mei 2020   02:35 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: tumpi.id

Di luar terdengar suara takbir berkumandang. Bersahutan-sahutan antar mesjid yang satu dengan mesjid yang lain, di sisi lain terdengar suara merdu mak Iroh melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Jadi teringat di kampung saat malam takbiran. 

Di surau akan ramai orang sekampung mengucapkan takbir dan suara emak melantunkan ayat-ayat suci. Rindu kampung halaman. Tapi kali ini aku harus tetap rindu kampung karena aku tak mungkin pulang kampung. 

Tapi apa mau dikata, aku masih ada di kosan di tengah kampung di ramainya kota Bandung. Banyak yang sudah pulang kampung sejak lama karena sudah tak ada pekerjaan lagi tapi aku masih bertahan di sini. 

Bukan tak mau pulang tapi masih ada satu langkah lagi yang harus aku tempuh terlebih dulu baru aku akan pulang. Tak mengapa. Aku akan pulang kelak setelah lulus dari kuliah ini. 

Sudah hampir 5 tahun aku bekerja sambil kuliah. Sungguh berat tapi ini semua kemauanku. Pantang pulang sebelum aku bisa memberikan gelar sarjana buat emak.

Masih teringat perdebatan dengan emak, saat aku menolak lamaran pak Soleh.  Emak begitu marah karena aku menolak lamaran dari lelalki tua nan kaya raya seukuran orang kampung.

"Tuh kumaha maneh teh, dilamar ku orang boga teh malah nolak?"

"Mak, kan sudah dibilang mau kuliah di Bandung. Abdi teh pan dapat beasiswa di kampus terkenal. Gak semua orang bisa dapat mak."

"Tapi emak kan gak punya biaya Neneng. Da temen-temen kamu juga sudah pada kawin semua."

"Tenang saja mak, pan setiap bulan uang spp  sudah ditanggung negara, Neneng bakal kerja untuk makan sehari-hari. Emak gak perlu repot." 

Akhirnya emak setuju setelah bi Inah membujuknya. Aku sudah minta bi Inah untuk membujuk emak. Walau sulit, aku tak akan putus kuliah. Walau tersendat-sendat tidak seperti teman-teman yang lain yang tak perlu kerja. Tapi aku harus membuktikan kalau aku bisa. Aku tak mau mengecewakan emak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun