Mohon tunggu...
Haryo Pambudi
Haryo Pambudi Mohon Tunggu...

Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan "PATRA" ITB

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kiriman untuk Masa Depan dari Masa Muda

27 Mei 2016   16:12 Diperbarui: 27 Mei 2016   16:53 79 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiriman untuk Masa Depan dari Masa Muda
asdasd-574818dcf59273fb0640dbe3.jpg

Sesuatu yang pasti akan datang namun tak selalu bisa dipastikan, itulah masa depan. Tak ada yang tahu secara tepatnya apa yang akan terjadi pada kita dimasa depan. Yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan sebaik-baiknya dari sekarang. Selagi masih muda, masih ada tenaga, masih ada waktu, dan masih ada semangat, maka baiknya kita petakan dari sekarang langkah-langkah untuk menuju hidup bahagia di masa depan.

Tak bisa dipungkiri finansial merupakan salah satu faktor penunjang kehidupan dalam rangka memenuhi kebutuhan baik primer, sekunder maupun tersier. Oleh karena itu pemahaman akan perencanaan finansial menjadi hal yang urgen di zaman modern ini. Perencanaan finansial bukan hanya sekedar tentang menyimpan uang untuk keperluan di masa depan, namun juga tentang bagaimana memanfaatkan uang yang ada untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dan untuk menjamin kesejahteraan hidup di masa depan.

No matter how much you earn, always remember to divide it into five parts proportionately. Always make yourself useful. – Li Ka-Shing

li-ka-shing-57481731e022bdbb0a9eb39c.jpg
li-ka-shing-57481731e022bdbb0a9eb39c.jpg
Li Ka Shing yang merupakan orang terkaya di Asia versi forbes 2015 mengatur finansialnya dengan membagi seperti lima hal diatas. Pendidikan dan kebutuhan hidup sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan, kemudian investasi yang mana merupakan persiapan untuk masa depan, dan kebutuhan penunjang untuk berlibur dan bersiosialisasi.

A. Pendidikan dan Kebutuhan Hidup

Dalam merencanakan keuangan untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan pendidikan terdapat sebuah mekanisme perlindungan secara finansial untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya dengan mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga. Mekanisme inilah yang sering kita sebut sebagai asuransi.

risiko-asuransi-perusahaan-5748171566afbd6213b6ce31.jpg
risiko-asuransi-perusahaan-5748171566afbd6213b6ce31.jpg
Berbeda dengan tabungan, asuransi merupakan proses pemindahan risiko kepada perusahaan asuransi dengan cara membayar premi. Dengan asuransi, kita bisa mendapatkan dana dengan segera bila terjadi hal yang tak diduga. Tetapi sebagian orang cenderung enggan untuk berasuransi karena premi akan hangus bila tidak terjadi klaim sampai jangka waktu asuransi habis. Namun kembali kepada tujuan utamanya ialah untuk pemindahan risiko. Untuk memperoleh ketenangan hidup  dimasa depan, baiknya kita menyiapkan asuransi yang terbaik. Oleh karena itu, pilihlah “ perusahaan asuransi di Indonesia “ yang bagus agar kita dapat merasakan pelayanan yang optimal. Diusia muda ini, sebagai awal langkah berasuransi merupakan langkah yang tepat untuk memilih perusahaan asuransi Indonesia yang sudah terpercaya diantaranya adalah Commonwealth Life.

B. Investasi

Dengan investasi dimasa muda, kita tidak hanya bekerja untuk mendapat uang, namun juga membuat uang bekerja untuk kita. menginvestasikan uang sebagai bentuk penanaman modal agar nantinya mendapat keuntungan pada masa depan. Untuk mendapatkan keuntungan yang banyak serta penghasilan dari investasi ada konsep dasar yang perlu kita pahami. Konsep ini disebut konsep 3E:

1. Education

Hal ini berarti perlu adanya pengetahuan tentang investasi. Kenali instrumen investasi, mekanisme, dan risikonya. Terdapat instrumentasi berupa asset nyata maupun aset kertas. Contoh dari aset nyata seperti properti, tanah, dan logam mulia. Sementara untuk aset kertas contohnya adalah deposito, obligasi, reksa dana, saham, dan perdagangan berjangka. Kemudian untuk beberapa instrumen diurutkan risikonya dari rendah ke tinggi adalah sebagai berikut: deposito, Obligasi Republik Indonesia, reksadana, reksadana saham, saham, properti, derivatif.

aset-real-dan-aset-kertas-574817058623bd4707343c27.jpg
aset-real-dan-aset-kertas-574817058623bd4707343c27.jpg
2. Experience

Masa muda adalah waktunya untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Waktu yang kita miliki merupakan sebuah potensi untuk berpengalaman dalam bidang investasi ini. Banyak variable yang perlu diperhatikan dalam menentukan investasi mengingat investasi merupakan sebuah kegiatan yang berisiko dan keuntungannya berbanding lurus dengan risikonya. Dengan mencoba dan berpengalaman, awalnya kita harus menganalis kondisi tentang pola dari naik turunnya nilai suatu instrumen serta penyebabnya. Pemahaman yang didapat dari pengalaman ini nantinyalah yang menentukan kapabilitas kita untuk memutuskan kapan harus berinvestasi, instrumen “investasi terbaik” mana yang harus dipilih beserta risikonya serta kapan harus menarik investasi kita.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN