Bert Toar Polii
Bert Toar Polii profesional

Saya adalah penggemar olahraga bridge yang sangat fanatik dan ingin berbagi tentang berbagai kelebihan dan manfaat olahraga ini. Waktu luang saya digunakan untuk memperkenalkan tentang kampung saya Tondano.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Fantastis, Indonesia Loloskan 4 Tim di Final Test Event AG 2018

2 Desember 2017   21:15 Diperbarui: 2 Desember 2017   21:21 2445 0 0

Pencapaian fantastis diperoleh Timnas Bridge yang dipersiapkan untuk menghadapi Asian Games 2018 nanti. Saat mengarungi Test Event 18th Asian Games 2018 yang digelar di The Margo Hotel Depok pada tanggal 28 Nopember hingga 5 Desember 2017, Indonesia mampu meloloskan 4 tim untuk bermain di babak final. 

Turnamen yang diikuti 13 negara, Jordan, India, Bangladesh, China, Chinesse Taipei, Jepang, Korsel, Hongkong, Thailand, Malaysia, Philippina, Singapura dan tuan rumah Indonesia baru saja menyelesaikan babak semi final. Indonesia yang meloloskan 4 team di 4 kategori putra, putri, Mixed dan super mixed yang juga menjadi nomor pertandingan Asian Games 2018.

Di bagian putra yang diperkuat Henky Lasut, Franky Karwur, Santoso Sie, Agus Kustrijanto, Jemmy Bojoh dan Paulus Sugandi mengalahkan Thailand dengan telak 181-61.67 Imp guna berhadapan dengan musuh bebuyutan China yang secara mengejutkan mampu menyingkirkan Chinesse Taipei. China padahal sudah ketinggalan di dua segmen pertama, tapi di segmen terakhir mereka bermain kesetanan dan mampu menyusul kemudian akhirnya menang. 

Tidak ada pertandingan perebutan medali perunggu, karena sesuai peraturan kedua regu yang kalah di semi final otomatis meraih medali perunggu. Thailand dan Chinesse Taipei otomatis meraih medali perunggu. Dalam pertarungan babak final, Indonesia diuntungkan karena di babak penyisihan mampu menang telak dari China. Kemenangan telak di babak penyisihan membuat Indonesia mendapat carry over 25,33 Imp atau langsung unggul sebanyak 25, 33 sebelum bertanding.

Di bagian putri yang diperkuat Lusje Bojoh, Joice Tueje, Conny F Sumampouw, Rury Andhani, Ernis Sevita dan Fytry Yunita akhirnya berhasil mengalahkan Jepang melalui pertarungan yang sangat a lot. Kejar-kejaran angka terjadi dari awal hingga akhir pertandingan dan Indonesia unggul tipis 102 -- 96 Imp. 

Mereka juga akan berhadapan dengan musuh bebuyutan China yang menyingkirkan China Hongkong di final. Jepang dan China Hongkong berhak akan medali perunggu. Indonesia yang menang di babak penyisihan mendapat carry-over 8 Imp. Peraturan tentang carry-over adalah 1/3 dari selisih Imp di babak penyisihan.

Di nomor Super Mixed, tim yang diperkuat Riantini, Fera Damayanti, Bambang Hartono, Bert Toar Polii, Leslie Gontha dan Stefanus Soepeno melaju dengan mudah ke babak final setelah menyingkirkan Thailand di babak semi final. Mereka akan berhadapan dengan Philippina yang menggusur India. Otomatis India dan Thailand meraih medali perunggu. Philippina mendapat carry over 0,67 Imp.

Di nomor mixed juga Indonesia melaju cukup mudah. Diperkuat Vita Lasut, Waya Langkay, Syarifah Nina Tirta Ayu, Bill Mondigir, Vicky Manoppo dan Elwindra tim ini menggagalkan perlawanan China Hongkong. Mereka akan bertarung melawan India di final yang menggusur Singapura. Singapura dan China Hongkong berhak atas medali perunggu. India memperoleh carry-over 3,33 VP.

Pertarungan babak final akan berlangsung besok di The Margo Hotel Depok mulai pukul 10.00 WIB. Pertandingan akan berlangsung 3 segmen dan akan disiaran ke seluruh dunia melalui internet atau melalui Bridge Base Online.