Mohon tunggu...
harkaman 123
harkaman 123 Mohon Tunggu... Lakukanlah apa yang kamu cintai, dan cintailah apa yang kamu lakukan

Belajar itu seperti kasih ibu, ia berlaku sepanjang masa.......

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah dan Konsep Ajaran Agama-agama Samawi Part 1 (Ibrahimi)

22 Januari 2020   06:37 Diperbarui: 22 Januari 2020   07:35 3004 0 0 Mohon Tunggu...

Pendahuluan

Penulis akan membuka tulisan ini dengan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan agama terlebih dahulu. Agama dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan,  "Ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya."

Pandangan lain, tertulis dalam Wikipedia Ensiklopedia Bebas, yangdimaksud dengan agama adalah, "Sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan."

Menurut Harun Nasution, agama berasal dari bahasa sangsakerta, yaitu dan gama, yang berartia adalah tidak dan gama adalah pergi. Ini berarti agama berarti tidak pergi dan senantiasa tetap untuk diwarisi secara turun temurun.

 Diriwayatkan seorang lelaki menemui Rasulullahsaw. dan bertanya tentang agama. Ia bertanya dari depan dengan menanyakan, "wahai Rasulullah, apakah agama itu?", lalu Rasulullah menjawabnya, "agama itu adalah akhlak yang baik", Rasulullah ditanya kembali dari samping, Rasululah menjawab dengan jawaban yang sama, selanjutnya dari belakang, Rasulullah juga menjawab dengan jawaban yang sama, hingga Rasululullah mengatakan "agama itu akhlak yang baik, seperti janganlah engkau marah."

Pada dasarnya agama didefinisikan sesuaidengan pengalaman yang pernah dialami oleh seseorang. Seperti seperti Mukti Ali, mantan menteri agama RI mengatakan, "Agama adalah percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa dan Hukum-hukum yang diwahyukan kepada kepada kepercayaan utusan-utusan-Nya untuk kebahagian manusia di dunia dan di akhirat".

Adapun yang dimaksud dengan agama samwai adalah agama yang turun dari langit. Artinya ia berasal dari pencipta jagat raya ini, pencipta yang tidak terciptakan dan penyebab yang tidak tersebabkan. Agama-agama samawi seperti Ibrahimi, Yahudi, Nasrani dan Islam. Sementara agama lain yang sifatnya thabi'i, seperti Hindu dan Buda.

Apakah agama-agama samawi tersebut di atas memiliki korelasi antara yang satu dengan yang lain. Inilah yang akan penulis tampilkan pada makalah ini dengan mendeskripsikan sejarah dan konsep ajarannya.  

 Agama Ibrahimi

  • Sejarah Agama Ibrahimi

Agama Ibrahimi adalah agama yang muncul dari sebuah kaum di masa lalu, ia adalah kaum semit kuno. Sementara Ibrahimi merupakan penisbatan terhadap leluhur mereka, yaitu Abraham atau Ibrahim. 

Menariknya, ia diceritakan oleh kitab-kitab agama samawi setelahnya, yaitu Yahudi, Nasrani dan juga Islam. Abraham atau lebih dikenal dengan nama nabi Ibrahim--dalam tradisi Islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN