Mohon tunggu...
Abdul Haris
Abdul Haris Mohon Tunggu... Bankir - Menulis Untuk Berbagi

Berbagi pemikiran lewat tulisan. Bertukar pengetahuan dengan tulisan. Mengurangi lisan menambah tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Ternyata Isi Token Listrik PLN Tidak Bisa Dilakukan Tengah Malam

8 Juli 2018   23:12 Diperbarui: 27 Agustus 2020   21:53 48812
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Isi token listrik tidak bisa dilakukan di jam tertentu (Gambar: dok. PLN)

Malam itu sekitar pukul 23.30 WIB, samar-samar saya mendengar bunyi alarm di luar rumah. Beberapa menit kemudian "pet" lampu mati.

Saya menduga bunyi tadi adalah peringatan dari meteran listrik PLN prabayar yang pulsanya hampir habis. Ternyata, dugaan saya tidak meleset, setelah saya cek meteran tersebut, stroom sudah 0 Kwh alias habis.

Saya pun langsung melakukan pembelian token melalui mobile banking. Bank pertama menginformasikan transaksi pembelian token tidak bisa diproses. Saya selanjutnya mencoba bank lain, informasi serupa muncul lagi. 

Masih tidak menyerah, saya mencoba menggunakan fasilitas salah satu provider uang elektronik di smartphone. Hasilnya, sama saja, transaksi pembelian token gagal. Mau cari kios isi ulang token, ya susah juga tengah malam seperti itu.

Akhirnya, saya menghubungi call center PLN 123 untuk menyampaikan permasalahan tersebut. Petugas pun langsung menjawab bahwa pembelian token tidak bisa diproses pada pukul 23.00 - 01.00. 

Petugas itu menyampaikan bahwa pada periode dimaksud ada rekonsiliasi data atau semacam hal teknis di PLN yang saya sendiri kurang paham dengan penjelasannya. Intinya, isi ulang pulsa listrik tidak bisa dilakukan selama 2 jam tersebut. Petugas menjelaskan bahwa hal teknis itu berlaku untuk setiap malam.

Surprise juga saya saat itu. Terus terang, saya belum pernah mengetahui kebijakan teknis itu sama sekali sejak pertama berlangganan listrik prabayar. Syukurlah, malam itu saya mendapatkan informasi yang sangat berharga dari petugas call center PLN 123, terima kasih pak petugas...

Dari peristiwa itu, saya belajar beberapa hal. Pertama, mungkin saya tidak membaca dengan lengkap syarat dan ketentuan yang berlaku atau informasi lain terkait pelanggan listrik prabayar, alhasil saya telat isi pulsa sebelum pukul 23.00. 

Saya sempat iseng, pasca kejadian itu, membuka website PLN untuk mengecek kebenaran informasi petugas call center dimaksud. Namun, hingga blog ini saya tulis, saya belum mendapatkan informasi resmi itu di situs resmi PLN. Mungkin saja saya terlewatkan saat membacanya.

Kedua, jikalau PLN belum menginformasikan kepada publik di website atau media lainnya mengenai waktu pengisian token itu, ada baiknya segera umumkanlah. Hal itu sebagai bagian peningkatan layanan yang prima PLN kepada konsumennya.

Perusahaan listrik ini memang memiliki hak monopoli atau sah sebagai pemain tunggal, tetapi layanan yang baik kepada konsumen tetap tidak boleh diabaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun