Mohon tunggu...
Hantus Tommy
Hantus Tommy Mohon Tunggu... Saya bekerja di salah satu BPR (Bank Perkreditan Rakyat) swasta di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Alumni Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Bekerja di bidang perbankan segmen mikro, berasal dari kota Balikpapan (Kalimantan Timur) dan sekarang berdomisili di Pangkalan Bun (Kabupaten Kotawaringin Barat-Kalimantan Tengah).

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Melirik Pembangunan Infrastruktur Nasional di Kalimantan Timur

2 Juli 2016   00:05 Diperbarui: 2 Juli 2016   00:20 0 5 5 Mohon Tunggu...
Melirik Pembangunan Infrastruktur Nasional di Kalimantan Timur
Proyek Jalan Tol Balikpapan - Samarinda -- Sumber: kaltim.prokal.co

Pembangunan Indonesia sentris yang digerakan oleh Pemerintahan Jokowi-JK, membuat tiap-tiap daerah di Indonesia menggeliat dalam membangun Infrastruktur masing-masing. Pembangunan Infrastuktur ini dilihat dari kebutuhan masing-masing daerah, seperti halnya daerah yang terpisah oleh sungai ataupun selat/teluk tentunya membutuhkan jembatan agar daerah satu dengan daerah lain terhubung dengan jembatan.

Pemerintah Pusat memberi perhatian kepada tiga proyek infrastruktur yang ada di Kalimantan Timur sebagai proyek prioritas Nasional. Ketiga proyek yang menjadi perhatian pemerintah adalah Proyek Tol Balikpapan – Samarinda, Proyek Jembatan Pulau Balang, dan Proyek Jembatan Sungai Manggar. Ketiga proyek infrastuktur tersebut masuk kedalam APBN,” kata Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Gambar Peta Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda -- Sumber: risnawariyan.blogspot.com
Gambar Peta Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda -- Sumber: risnawariyan.blogspot.com
Proyek Tol Balikpapan – Samarinda

Proyek Tol Balikpapan – Samarinda merupakan proyek skala prioritas Nasional, sebagai masyarakat Kalimantan Timur akan bangga memiliki jalan tol yang menghubungkan kota Balikpapan – Samarinda, selama ini kita hanya tahu bahwa jalan tol dapat dilihat di pulau Jawa.

Jadi adanya proyek jalan tol ini akan meningkatkan perekonomian daerah Kalimantan Timur, khususnya jalur darat antar daerah satu dengan daerah lainnya.

Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda - Sumber: industri.bisnis.com
Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda - Sumber: industri.bisnis.com
Proyek Jembatan Pulau Balang

Proyek Jembatan Pulau Balang merupakan penghubung proyek jalan Tol Balikpapan – Samarinda serta menghubungkan dua daerah yaitu Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Proyek Jembatan Pulau Balang - Sumber: industri.bisnis.com
Proyek Jembatan Pulau Balang - Sumber: industri.bisnis.com
Proyek Jembatan Sungai Manggar

Proyek Jembatan Sungai Manggar merupakan penghubung proyek jalan Tol Balikpapan – Samarinda. Karena jalur tol Balikpapan – Samarinda melintang sungai manggar yang ada, sehingga membutuhkan jembatan sebagai penghubung jalur tersebut.

Ketiga proyek infrastruktur diatas, akan menjadikan kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Proyek Infrastruktur diatas akan menjadi jalur trans Kalimantan yang baru memiliki waktu tempuh yang lebih singkat dari sebelumnya.

Target selesai proyek infrastruktur diatas akan dapat digunakan awal tahun 2019, sehingga akan memperlancar pendistribusian dari satu daerah ke satu daerah lainnya. Semoga sangat bermanfaat pada masyarakat Kalimantan Timur pada khususnya terutama pada sektor ekonomi dan akan meningkatkan perekonomian Indonesia pada umunnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x