Mohon tunggu...
HANSEN KRISTIANDI GOUTAMA
HANSEN KRISTIANDI GOUTAMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menggambar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Geladi Hominisasi

27 Oktober 2022   19:08 Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:13 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi awalnya dimulai dari jam 8 pagi  hingga 1 siang, waktu yang cukup lama untuk melakukan sebuah pengalaman tentang berpresentasi dan berbicara di depan umum. 

Menurut saya geladi hominisasi ini sangat menarik karena saya diajarkan tentang bagaimana untuk berpikir cepat dan mengelola waktu saya dengan hanya 4 menit presentasi di depan. saya bersama teman teman hanya diberi waktu 1 jam untuk membahas materi presentasi lalu menyajikannya dalam bentuk berbeda dari presentasi umumnya, seperti kelompok saya membuat presentasi dengan cara berdialog. 

Kemampuan berlogika sangat perlu saat menentukan ide-ide pemikiran saat presentasi, karena kami hanya diberi waktu 1 jam maka kami harus mengelola sebuah materi menjadi sebuah bahasa topik yang harus enak didengar dan tidak membosankan saat kita menyampaikannya. 

Bahasa dalam berpresentasi juga turut dibutuhkan karena kita harus menggunakan bahasa yang tepat agar enak didengar oleh pembaca. Manfaat yang didapatkan setelah mengikuti geladi hominisasi ini adalah saya lebih berpikir logis dan kritis lagi dalam menyelesaikan persoalan masalah. Juga saya lebih berani lagi tampil di depan umum. 

Kemampuan presentasi dalam kuliah juga sangat penting karena setiap saatnya kita harus membuat suatu produk yang kita ciptakan dan dibaktikan kepada masyarakat dan media paling sederhana adalah presentasi, karena lewat presentasi kita dapat menyampaikan ide-ide apa yang kita akan buat dan kembangkan. 

Peningkatan berpikir juga turut dikembangkan melalui proses perjalanan saya sebagai mahasiswa. Mungkin di awal saya akan sedikit merasa malu, tidak diterima, atau gagap kata saat presentasi, tapi melalui berbagai macam proses termasuk geladi hominisasi tersebut saya menjadi lebih berkembang dari waktu ke waktu.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun