Mohon tunggu...
Hannindya Aufa Nakhwah
Hannindya Aufa Nakhwah Mohon Tunggu... Mahasiswi Psikologi Universitas Brawijawa 2018

Kurang lebihnya saya mohon dimaklumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Program TVRI "Belajar dari Rumah" untuk Anak Usia Dini Berdasarkan pada Pendekatan Reggio Emilia

5 Mei 2020   11:48 Diperbarui: 11 Mei 2020   21:52 227 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program TVRI "Belajar dari Rumah" untuk Anak Usia Dini Berdasarkan pada Pendekatan Reggio Emilia
ilustrasi: lpmpjatim.kemdikbud.go.id/

Program yang dirancang sebagai alternatif pembelajaran

Pandemi coronavirus yang masih berlangsung saat ini banyak membuat perubahan dalam aktivitas sehari-hari. Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya memberi pengarahan dalam mengantisipasi coronavirus, diantaranya adalah memerintahkan untuk 'study from home'. 

Media yang kemudian banyak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran salah satunya adalah internet, dimana para pelajar dituntut untuk memiliki akses internet yang cukup agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 

Namun kenyataan di lapangan, masih banyak pelajar maupun pengajar yang tidak memiliki akses internet memadai. Oleh karena itu Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang melihat permasalahan seperti diatas kemudian meluncurkan program baru, yakni program 'Belajar Dari Rumah' yang ditayangkan pada saluran TVRI

Program ini dibuat untuk alternatif pembelajaran mulai dari PAUD sampai SMA, yang akan ditayangkan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Pilihan kurikulum untuk anak usia dini

Materi yang dipilih untuk pendidikan anak usia dini bersumber dari Jalan Sesama. Program Jalan Sesama adalah acara televisi yang menghadirkan boneka-boneka beraneka bentuk dan warna sebagai pengisi acara. 

Pada episode 30 April 2020, anak diajak berimajinasi untuk bisa terbang dan pergi ke luar angkasa sembari diberi pengetahuan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan didukung gambaran visual yang menarik. 

Begitu pula pengetahuan mengenai beberapa jenis profesi dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Kemudian anak juga mendapatkan gambaran mengenai permainan gelembung dan sekilas mengenai layangan. Di dalam acara ini anak banyak diajari mengenai teka-teki, seperti tebak hewan dan tebak bentuk pada episode 1 Mei 2020. 

Ada pula anak diajak untuk mencari teman yang hilang. Selain itu, pada episode ini anak juga diajak untuk menggerakkan tubuhnya mengikuti instruksi yang diberikan. 

Lain lagi pada episode 4 Mei 2020, anak diberi pengetahuan mengenai hewan melalui visualisasi perjalanan di kebun binatang. Kemudian anak dibacakan cerita dengan dibawakan drama mengenai toleransi. Episode ini juga mengajak anak untuk menghitung dan mencoba memecahkan masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x