Mohon tunggu...
Hanisah
Hanisah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SD Negeri 26 Kubu,Kecamatan Kubu Kabupaten Kuburaya

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Selama Mengikuti Perkuliahan PPG

22 Februari 2024   17:19 Diperbarui: 22 Februari 2024   17:22 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera dan sehat selalu.

Perkenalkan nama saya Hanisah, Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 3 Tahun 2023. Saya bertugas di SDN 26 Kubu Kabupaten Kubu Raya. Ijinkan saya menyampaikan cerita tentang pengalaman selama mengikuti perkuliahan PPG.

Menjadi seorang guru merupakan cita-cita mulia yang menjadi impian saya sejak kecil. Lebih dari 18 tahun mengabdi dari seorang guru honorer dan diangkat menjadi pegawai melalui K2 tahun 2014. Pengalaman saya mengajar memang cukup lama dan telah melewati berbagai kurikulum yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Sebagai seorang guru yang berlatar belakang pendidikan SMA tentu banyak sekali kekurangan dalam pengembangan metode maupun strategi pembelajaran yang saya terapkan. Oleh sebab itu, saya terus menambah wawasan melalui pendidikan perkuliahan di Universitas terbuka Pontianak.

Pada tahun 2023 saya mendapat kesempatan baik dapat mengikuti Program Pendidikan Guru ( PPG Daljab ) angkatan ke 3.Ada banyak suka duka dan pengalaman selama mengikuti PPG.Sukanya banyak teman dari berbagai daerah dan ada juga dari luar pulau.,selain itu juga saya bertemu dengan dosen-dosen walaupun hanya lewat kelas daring.Meskipun begitu ada banyak keceriaan ketika sedang berkumpul serta perbedaan usia yang beragam ada yang muda ,setengah baya dan ada yang sudah mendekati pensiun.Kadang-kadang kami berbicara banyak hal,seperti kesenangan.hobi,daerah asal,cerita lucu dan banyak lagi lainnya.

Selain suka tentu saja ada dukanya,tugas-tugas yang menumpuk materi-materi yang banyak merupakan keseharian kami.Tugas-tugas dan materi PPG terutama meliputi kompetensi pedagogik. Dalam kompetensi pedagogik, kami dituntut untuk mengingat kembali materi-materi detil kuliah ketika kami kuliah di jurusan pendidikan. Bagi yang tidak berasal dari pendidikan, kami harus berusaha lebih keras lagi untuk menyesuaikan pemahaman kami dengan materi dan tugas pedagogik yang diberikan. Bisa sampai seharian kami mengerjakan tugas yang diberikan. Duduk di tempat komputer merupakan keseharian kami ketika sedang mengerjakan tugas dan memahami materi. Tentu saja perlu energi ekstra dan motivasi berlebih untuk bisa melaksanakan semua itu.

Mengenai pengalaman, banyak pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti  program PPG, Bagi saya, PPG merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga. PPG bukan melulu merupakan tuntutan tugas dan tanggung jawab formal sebagai guru ketika berkewajiban mengajar di sekolah. Lebih dari itu, PPG adalah sebuah kecintaan kepada mengajar, kecintaan mengajar peserta didik, kecintaan menekuni profesi guru, kecintaan mengembangkan peserta didik, kecintaan membangun negeri melalui pendidikan dan yang terpenting adalah kecintaan mengembangkan diri sendiri melalui pembinaan profesional berkelanjutan. PPG adalah wadah untuk pembelajaran sepanjang hayat. Pembelajaran yang tidak mengenal usia, apakah masih muda atau sudah setengah baya. Pembelajaran hanya akan berakhir di liang lahat.

Demikianlah pengalaman saya selama mengikuti program PPG,

Salam bahagia selalu

Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun