Regional

Rintangan Anies Sebagai Gubernur Jakarta yang Baru

14 November 2017   15:42 Diperbarui: 14 November 2017   18:02 152 0 0

Sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah seharusnya Anies Baswedan dapat menyejahterakan warga Jakarta dengan cara melaksanakan janjinya saat pilgub Jakarta. Akan tetapi, rintangan yang ada tidaklah mudah untuk dihadapi Anies. Sebagai gubernur, Ia harus menuntaskan masalah reklamasi teluk Jakarta. Pada saat Basuki Tjahaja Purnama menjabat sebagai gubernur, ia memberikan izin atas pembangunan reklamasi tersebut. Akan tetapi pada masa pemerintahan yang berada di tangan Anies Baswedan, Anies menolak reklamasi tersebut. Hal itu dikarenakan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah di sekitar teluk Jakarta.

Walaupun saya bukan warga Jakarta, saya berpendapat bahwa yang dilakukan Anies tersebut kurang tepat. Hal itu dikarenakan jika reklamasi tersebut dibatalkan, maka pemerintah DKI Jakarta haraus membayar kerugian atas pembangunan reklamasi tersebut. Walaupun merusak lingkungan yang ada di teluk Jakarta, toh  lingkungannya sudah terlanjur rusak. Jika pemerintah DKI Jakarta menghentikan reklamasi tersebut, pemerntah juga harus menanggung biaya pelestarian lingkungan yang ada di sekitar teluk Jakarta. Dan tentu saja dapat merugikan pemerintahan Jakarta sendiri. Uang yang seharusya dapat digunakan untuk menyejahterakan rakyat, malahdigunakan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan teluk Jakarta dan harus menangung kerugian pihak kontraktor karena pemutusan kerjasama secara sepihak.

Saya menyarankan agar pemerintah Jakarta khususnya, Anies Baswedan, tidak menggugat kembali pihak kontraktor reklamasi tersebut. Malahmenurut saya, seharusnya pemerintahan Jakarta mendukung reklamasi tersebut. Jika reklamasi tersebut dibangun dan berkembang pesat seperti yang ada di negara Singapore, pemerintah Jakarta dapat menaikkan pajak yang ada di area reklamasi tersebut. Tentu saja hasil pajak yang diterima pemerintah daerah Jakarta dapat digunakan untuk menyejahterakan masyarakat Jakarta dibidang ekonomi,  pendidikan dan lain-lain. Hasil pajak tersebut juga berguna untuk melestarikan kembali lingkungan yang rusak akibat pembangunan reklamasi tersebut. Selain itu, pemerintah daerah Jakarta juga mendapatkan pemasukan dari bidang pariwisatanya, jika daerah reklamasi tersebut dibangun destinasi  wisata seperti disneyland dan lain-lain. Tentu saja dapat menambah pemasukan KAS daerah Jakarta yang dapat digunakan untuk menyejahterakan masyarakatnya.

Itu saja kritik dan saran dari saya. Semuanya tetap bergantung pada keputusan yang diambil oleh Pak Anies Baswedan. Saya harap agar Pak Anies tidak salah mengambil keputusan yang dapat merugikan ibukota. Yang saya harapkan jika Pak Anies dapat mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk menyejahterakan masyarakat Jakarta. Karena masyarakat tidak dapat berkembang jika pemimpinnya tidak bisa memimpin dengan benar. Masyarakat dapat berkembang jika pemimpinnya dapat mengambil keputusan secara tepat dan bijaksana.